1. Startup

Aplikasi Populer Instagram Segera Hadir di Windows Phone

Kabar gembira bagi pengguna smartphone Windows Phone. Dalam perhelatan Nokia World yang digelar di Abu Dhabi hari ini (22/10), aplikasi tenar yang menghadirkan layanan photo sharing dan juga video berdurasi pendek Instagram kini bakal hadir secara resmi di platform yang dikembangkan oleh Microsoft ini. Sebelumnya Vine juga diumumkan bakal menyambangi Windows Phone sebagai aplikasi yang menyediakan layanan sharing video berdurasi pendek.

Meskipun Microsoft memiliki saham signifikan di Facebook yang telah mengakuisisi Instagram, dibutuhkan waktu cukup lama untuk mengkonfirmasi kehadiran aplikasi yang telah memiliki 150 juta pengguna ini. Sementara itu, event ini bisa jadi merupakan event besar Nokia yang terakhir, mengingat per tahun 2014 divisi ponsel dan smart device-nya bakal resmi bergabung dengan Microsoft.

Dari sisi Instagram, Kevin Systrom sebagai CEO dan Co-Founder mengatakan, "Tujuan utama kami adalah untuk membawa Instagram bagi semua orang yang ingin menggunakannya. Kami tak sabar ingin melihat komunitas Windows Phone menggunakan Instagram untuk menangkap dan membagikan momen indah dalam beberapa minggu ke depan."

Kehadiran Instagram di platform Windows Phone merupakan hal strategis yang berhasil dicapai oleh Microsoft (dan Nokia), mengingat aplikasi ini sangat populer di kalangan muda. Sudah bukan rahasia lagi jika kalangan muda (15-25 tahun) sekarang menjadi segmen utama yang disasar oleh pembuat platform smartphone untuk mempopulerkan platform-nya. Bagi Nokia sendiri, kehadiran Instagram di platform Windows Phone bakal membuat utilisasi smartphone Lumia dengan kamera bagus, seperti Nokia 1020, menjadi semakin optimal.

Besar kemungkinan Instagram hanya hadir di platform Windows Phone 8. Untuk itu pengguna Windows Phone 7.x harus siap-siap meng-upgrade smartphone-nya ke jajaran yang lebih baru.

Melalui sebuah laporan market share yang dirilis oleh Kantar Worldpanel ComTech beberapa waktu lalu, Windows Phone dilaporkan telah mengalami tingkat penetrasi yang cukup signifikan di berbagai market negara-negara besar Eropa dan telah mengungguli platform BlackBerry yang semakin terpuruk. Diharapkan kehadiran aplikasi-aplikasi populer ini dalam waktu dekat, seperti Instagram, Path, Vine ataupun Flipboard, bakal meningkatkan daya saing Windows Phone dalam usahanya mendobrak hegemoni kepopuleran iOS dan Android.

[ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again