Menyokong realisasi Smart City Jakarta, aplikasi Android Qlue dikembangkan dengan konsep media sosial yang dinilai telah menjadi bagian keseharian masyarakat Indonesia. Dipadukan dengan fungsionalitas yang cukup lengkap, aplikasi Qlue bisa menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat Ibukota untuk memantau sekaligus melaporkan pelanggaran-pelanggaran yang ada di sekitar mereka.

Qlue Dikembangkan oleh TerralogiQ yang bermitra langsung oleh Google untuk aplikasi pengembangan berbasis lokasi. Memanfaatkan keunggulan strategis tersebut, Qlue juga didesain untuk memaksimalkan para penggunanya untuk melaporkan sekaligus memantau lingkungan mereka dengan teknologi yang mumpuni. Kepedulian para pengguna menjadi hal yang sangat diharapkan untuk terciptanya lingkungan Ibukota DKI Jakarta yang lebih baik lagi.

Aplikasi Qlue menawarkan metode login melalui akun media sosial sepert Facebook, Twitter, dan Google+, guna memudahkan pengguna untuk mempersingkat proses pendaftaran. Setelahnya pengguna bakal diajak ke dalam tur singkat seputar penggunaan dasar aplikasi ini.

Secara keseluruhan aplikasi ini memiliki user interface dengan konsep yang mirip material design khas Android. Pengguna akan langsung dialihkan ke tab Qlue Feed yang berisi stream informasi dari teman-teman yang mereka follow. Menarik bagaimana Qlue mengajak secara halus para penggunanya untuk memiliki teman yang sangat informatif.

Stream lain yang ditawarkan ialah Keluhan Masyarakat, Apresiasi Masyarakat, Kuliner, Liburan, Produk & Jasa, Acara, Kesehatan, Bisnis, dan Pendidikan. Melalui tiap-tiap kategori tersebut, pengguna bisa menuliskan sebuah diskusi maupun laporan berbentuk foto dan lokasi lewat ikon plus (“+”) di kanan bawah.

Laporan pengguna lain juga dapat disortir berdasarkan waktu terbaru, lokasi terdekat, terpopuler, dan ditampilkan dalam bentuk peta interaktif. Sayangnya untuk menampilkan peta, saya cukup sering menemui kendala penutupan aplikasi secara paksa (crash).

Tiap-tiap laporan juga memiliki properties detail. Silakan di-tap untuk mengisi komentar, atau bisa pilih like. Detail tersebut juga menunjukkan lokasi di mana laporan dipublikasi, keterangan pelapor, serta status pelaporan – apakah sedang menunggu, ditindaklanjuti, atau telah selesai diproses.

Aplikasi ini masih melalui tahap beta, namun sudah tersedia juga di MoboMarket untuk diunduh.

Logo-Baidu Browser

Dapatkan pengalaman baru membaca konten DailySocial dan berselancar di internet mobile menggunakan Baidu Browser. http://goo.gl/WKlc5i

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.