1. Entrepreneur

10 Rekomendasi Platform Riset Pasar untuk Meningkatkan Performa Bisnis

Ingin tahu apa saja alat yang digunakan untuk melakukan riset pasar kebutuhan bisnis Anda? Yuk kita simak!

Sebagian besar alat market research atau riset pasar dirancang untuk mempercepat dan mempermudah pencarian data yang relevan. Apapun yang berkaitan dengan pasar, produk, atau tujuannya, menggunakan alat yang tepat, maka Anda akan mendapat hasil yang memuaskan.

Ketika ingin meluncurkan produk baru dan ingin masuk ke market yang berbeda, atau membuka lokasi toko baru, kemungkinan besar hal ini akan menjadi kendala. Sudah umum diketahui bahwa sebagian besar peluncuran produk baru akan mengalami kegagalan, hal ini bisa jadi dikarenakan riset pasar yang kurang.

Dilakukannya riset pasar bisa secara online maupun offline. Terdapat pula fitur riset pasar yang beraneka ragam yang ditawarkan oleh masing-masing platform. Alat riset pasar dirancang bisa digunakan secara gratis, namun juga berbayar. Tergantung dari masing-masing kebutuhan perusahaan atau bisnis. Bisa juga digunakan secara individu untuk kebutuhan riset personal.

Berikut kami kumpulkan platform yang dapat Anda gunakan untuk melakukan  market research/riset pasar. Ada apa saja? Yuk kita simak!

Veycat (Survey Center)

Dilansir dari lama resminya, Survey Center adalah sebuah perusahaan yang membantu untuk melakukan survey online, menyebarkan kuesioner secara online maupun offline melalui komunitas dan sesuai dengan responden yang Anda inginkan, melakukan distribusi data, serta pemetaan pasar. Survey Center sudah bekerja sama dengan berbagai perusahaan, seperti Tiket.com, Infokost, Maspion Group, Lumina Ent, dan lain-lain.

Layanan yang ditawarkan oleh Survey Center, yaiyu survei potensi pasar, survei kepuasan pelanggan, survei loyalitas pelanggan, survei brand awareness, survei segmentasi dan positioning, survei pengembangan produk dan jasa, studi kelayakan bisnis, survei persepsi publik, dan masih banyak lagi. 

Harga ditentukan dari kemungkinan untuk mendapat target responden berdasarkan profil. Lebih sulit target yang dicapai, harganya juga akan semakin tinggi. Harga standar yang ditetapkan yaitu Rp1.100 per pertanyaan dan per responden. Anda dapat melakukan simulasi harga melalui situs web Survey Center.

Populix

Populix merupakan perusahaan penyedia layanan consumer insights yang menghubungkan individu, pelaku UMKM, startup, perusahaan lokal maupun multinasional, hingga pelaku akademisi dari beragam industri lainnya, dengan responden di seluruh Indonesia. 

Populix menyediakan beberapa layanan yang dapat membantu proses riset dan survei, baik kualitatif maupun kuantitatif, seperti product test, UI/UX study, brand health check, dan lainnya. Responden yang mengerjakan dan menyelesaikan studi di aplikasi Populix akan diberikan reward menarik.

Sebelum melakukan survei, Anda dapat melakukan trial yang terdapat pada situs web Populix. Setelah yakin ingin menggunakan jasanya, Anda dapat memilih jumlah responden dan pertanyaan yang dibuat dengan harga ditentukan dari jumlah responden.Kurang dari 100 responden akan dikenakan biaya Rp500 per pertanyaan per responden, selengkapnya dapat Anda lihat melalui situs web resminya.

Dimia

Dimia merupakan salah satu member Asosiasi Digital Marketing Indonesia (DIGIMIND), yang merupakan Digital Market Analytic Intelligence yang dapat melakukan riset pasar dan pengoptimalan SEO untuk meningkatkan penjualan dan mengoptimasi situs web. Anda dapat menemukan produk paling laris dan mengetahui strategi pemasaran kompetitor.

Riset yang dapat dilakukan melalui Dimia yaitu, brand and seller monitoring, marketplace, sosial media, riset market dan analisis produk, akses jutaan produk paling laris. Terdapat limit pencarian harian dari masing-masing jenis riset pasar.

Semrush

Semrush adalah aplikasi yang menyediakan alat lengkap mengenai pemasaran, dengan layanan SEO, PPC (Pay per Click), marketing sosial media, riset keyword, riset kompetitor, pemasaran konten, ilmu marketing, dan manajemen campaign.

Anda dapat menggunakan Pro trial dengan layanan dapat membuat 5 projek, analisis kompetitor strategi (kata kunci, iklan, backlinks), riset kata kunci, melacak lebih dari 500 kata kunci, optimasi SEO, dan lainnya. Ada juga Guru trial dengan layanan membuat 15 projek, jumlah kata kunci yang dapat dicari mencapai 1.500, mengakses historical data, dan masih banyak lagi.

Qualtrics

Qualtrics adalah alat yang digunakan untuk merancang, mengirim, dan analisis survey online. Aplikasi ini digunakan untuk mendapatkan feedback dalam berbagai skala, seperti kuesioner sederhana ataupun studi terperinci, seperti menyebar kuesioner kepada pelanggan dan karyawan untuk program manajemen meningkatkan kualitas. Proses pengiriman survei dapat dilakukan dari berbagai saluran, yaitu situs web, email, aplikasi, bahkan chatbot.

Menggunakan Qualtrics, Anda akan mendapatkan informasi detail dari segala aspek mengenai riset pasar. Beragam fitur dari Qualtrics, yaitu analisis tren market, A/B testing untuk mengubah sistem manajemen, survei untuk meningkatkan pengalaman konsumen, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan tergantung kesulitan dalam analisis riset pasar, namun Anda dapat melakukan trial melalui situs web resmi Qualtrics.

Typeform

Hampir sama seperti Qualtrics, Aplikasi Typeform digunakan untuk mengumpulkanhasil dari survey sederhana ataupun melakukan survey dengan feedback dari para pembeli yang biasanya bisa Anda gunakan untuk mendapatkan reaksi dari para konsumen. Nantinya, Anda dapat mengolahnya menjadi ide terhadap konten produk Anda. 

Keunggulan dari aplikasi ini bisa memberikan bantuan dalam bentuk pertanyaan terhadap produk Anda dan konten Anda sendiri, baik itu dari pilihan ganda maupun hanya mengetik singkat. Selain itu, Anda juga dapat membuat quiz, membuat formulir, polling, dan lainnya

Paperform

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Paperform menawarkan untuk dapat membuat form online dengan desain menarik. Paperform didesain sederhana tidak perlu keahlian digital profesional dan mudah digunakan untuk para pemilik small business. Paperform dapat digunakan untuk pembuatan survey, quiz, polling, test, respon, form pembayaran, booking, dan masih banyak lagi.

Remesh

Remesh menggunakan AI (Artificial Intelligence) untuk menganalisis dari respon pendapat yang dilakukan secara live hingga lebih dari 1.000 peserta. AI digunakan untuk membantu Anda memahami respon peserta hanya dalam hitungan menit. Tanya-jawab dilakukan secara live dan online. Algoritma akan analisis data, sehingga percakapan dengan audiens berjalan lancar. Selain melakukan live conversation, Remesh juga menawarkan riset pasar untuk mendapat produk baru dan strategi pemasaran, riet karyawan, hingga melakukan riset pemerintahan.

QuestionPro

Aplikasi ini dapat digunakan untuk membantu Anda melakukan survei cepat dalam menentukan respon target pasar Anda. Anda juga dapat memahami kepuasan klien. Platform QuestionPro membantu melakukan survei sederhana dan mudah dipahami dengan berbagai jenis pertanyaan dan pertanyaan cabang, di mana Anda dapat melakukan multilingual survey untuk mendapatkan audiens secara global. Tersedia 88 template yang dapat Anda ubah sesuai dengan kebutuhan.Anda juga akan mendapatkan wawasan untuk membantu meningkatkan bisnis Anda. Harga premium untuk paket langganan mulai dari 99 USD.

Social Mention

Social Mention merupakan alat yang digunakan untuk melacak dan mengukur seberapa banyak orang yang membicarakan mengenai brand Anda di seluruh lokasi secara realtime. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan customer insight, untuk lebih memahami kemauan pelanggan, dapat melakukan manajemen reputasi online karena Anda dapat memonitor brand Anda selama 24 jam dan respon langsung untuk melindungi reputasi brand, dan melakukan riset Influencer. Anda dapat melakukan trial gratis selama 7 hari.

Itulah rekomendasi aplikasi riset pasar yang dpat Anda gunakan. Semoga artikel ini bermanfaan untuk Anda. Selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again