1. Startup

Aplikasi Rumus dari Digdaya Bantu Konsumen Simpan Formula Kalkulasi

Pengembang aplikasi mobileDigdaya yang selama ini fokus untuk membuat aplikasi finansial di platform iOS mengeluarkan Rumus yang bisa membantu konsumen menyimpan formula kalkulasi. Aplikasi yang berkaitan dengan kalkukasi, misalnya konversi ukuran ataupun perhitungan pemberian tip, memang sudah banyak tetapi yang memberikan kebebasan konsumen untuk membuat formulanya sendiri saya pikir hanya beberapa. Rumus merupakan satu di antaranya.

Dibanderol dengan harga $2.99, Rumus memungkinkan kita untuk mengembangkan formula menjadi suatu persamaan yang kita bisa gunakan berulang-ulang. Kuncinya adalah penggunaan variabel dalam pembuatan rumus. Selain membuat formula sendiri, ada sejumlah formula siap pakai yang bisa langsung digunakan untuk memudahkan kita di sejumlah fungsi sehari-hari.

Arif Widianto selaku co-founder dan lead developer Digdaya menyebutkan bahwa Rumus adalah konsep kalkulasi cara baru. Menurutnya Rumus bisa digunakan sebagai kalkulator biasa dengan hasil langsung, di mana Rumus dapat menyimpan variabel untuk kalkulasi berikutnya. Menggunakan Rumus seharusnya memudahkan pengerjaan kalkulasi kompleks yang terjadi secara berulang.

Latar belakang hadirnya Rumus, menurut Arif, karena seringnya berurusan dengan kalkulasi berulang-ulang yang melibatkan formulasi sama dengan kasus dan angka yang berbeda-beda. Contoh yang sering kita alami sehari-hari adalah menghitung nilai diskon ketika berbelanja, survei kendaraan dengan membandingkan konsumsi bahan bakar, survei kalkulasi KPR untuk properti ataupun misalnya menghitung suatu harga wajar saham. Rumus diciptakan untuk menyelesaikan itu semua, di mana formula bisa dilakukan berulang kali dengan angka yang berbeda-beda. Terkait dengan dunia keuangan yang menjadi spesialisasi Digdaya, ditambahkan Arif, Rumus masih berkaitan terutama untuk urusan hitung-menghitung.

Bagaimana keunggulan Rumus ketimbang aplikasi kalkulasi serupa? Arif menyebutkan sejumlah poin yang menjadi titik fokus Rumus, yaitu:

  • Bisa berfungsi sebagai kalkulator biasa dengan hasil langsung
  • Bisa menyimpan variabel dalam fungsi kalkulator untuk kalkulasi berikutnya
  • Dengan formulanya, Rumus bisa digunakan untuk membuat kalkulasi berulang kali untuk kasus hampir tidak terbatas dan perhitungan apa saja
  • Ada sejarah perhitungan yang direkam setelah menjalankan formula
  • Bisa berbagi formulasi, kalkulasi, dan hasilnya via email.
  • Bisa dilakukan salin tempel (copy paste) data dari dan ke layar kalkulasi

Menggunakan formula yang sudah jadi sangat mudah termasuk di Rumus ini, tetapi membuat formula sendiri itu hal yang berbeda. Saya mencoba langsung membuat formula dengan aplikasi ini dan sejujurnya awalannya tidak semudah yang dibayangkan. Trial and error sempat berkali-kali saya lakukan untuk memahami bagaimana penggunaan variabelnya.

Meskipun demikian, ketika kita sudah mengerti bagaimana memanfaatkan variabel dan membuat formulanya, semuanya menjadi terasa lebih nyaman. Perhitungan berulang-ulang yang kadang kala menyulitkan ketika hanya menggunakan aplikasi kalkulator biasa bakal dipermudah dengan hadirnya Rumus ini.

[Ilustrasi Foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again