Categories

Mobile

Aplikasi S Health dari Samsung Kini Tersedia di Google Play

Glenn Kaonang - 23 September 2015

Kalau Anda pernah menggunakan smartphone Samsung, Anda pasti tahu bahwa pabrikan asal Korea Selatan tersebut selalu menyediakan aplikasi versinya sendiri, mulai dari S Planner (kalender) sampai S Voice yang tidak lain merupakan asisten virtual. Tentu saja, semua aplikasi tersebut cuma bisa diakses lewat smartphone Samsung.

Well, kecuali satu: S Health. Belum lama ini, Samsung memutuskan untuk melepas S Health ke Google Play sehingga semua pengguna smartphone Android bisa mengunduhnya, dengan satu syarat, yakni versi OS minimal adalah Android 4.4 KitKat. Sekedar informasi, S Health sendiri merupakan aplikasi kesehatan yang cukup komplet dan bisa mengambil data dari sensor milik smartphone, tanpa campur tangan dari perangkat fitness tracker terpisah.

Seperti yang kita tahu, smartphone modern pastinya mengemas berbagai sensor seperti accelerometer, gyroscope dan GPS. Memanfaatkan sensor-sensor ini, S Health akan memonitor jumlah langkah kaki, jumlah kalori yang terbakar maupun berbagai aktivitas fisik yang lainnya.

Info menarik: Samsung Galaxy A8 Tiba di Indonesia untuk Meminang Hati Konsumen Muda

S Health juga menyediakan instruktur virtual yang akan membantu pengguna mencapai target hariannya. Sang instruktur ini juga bisa memberikan panduan suara sehingga pengguna bisa tetap fokus beraktivitas tanpa harus menatap ke layar smartphone. Di saat yang sama, S Health juga menyimpan database makanan yang merinci sehingga Anda bisa menghitung-hitung seberapa banyak kalori yang telah Anda konsumsi.

Namun yang jadi pertanyaan, mengapa Samsung merasa perlu merilis S Health di Google Play? Salah satu teori yang paling masuk akal adalah, karena smartwatch Gear S2 dirancang kompatibel dengan smartphone lain selain lini Galaxy milik Samsung. Dengan demikian, pengguna yang tertarik bisa memanfaatkan Gear S2 dan S Health secara bersamaan meski smartphone-nya tidak berlabel Samsung.

S Health sendiri juga bisa menarik data yang dikumpulkan perangkat wearable lain, seperti Samsung Gear orisinil maupun Gear Fit, namun tidak dari smartwatch Android Wear. Namun yang perlu digaris bawahi, S Health bisa mengubah smartphone Anda menjadi sebuah fitness tracker. Silakan unduh aplikasinya di Google Play, gratis.

Sumber: Digital Trends.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter