17 March 2016

by Glenn Kaonang

Aplikasi Twitter Resmi Tersedia untuk Windows 10 Mobile

Hadirkan fitur yang cukup lengkap, termasuk halnya dark theme

Masalah keterbatasan aplikasi Windows 10 Mobile lambat laun mulai teratasi. Setelah Facebook meluncurkan Instagram versi beta, kini giliran Twitter yang secara resmi merilis aplikasinya untuk smartphone Windows 10 Mobile.

Sebelum ini, Twitter sudah lebih dulu merilis aplikasi untuk Windows 10. Aplikasi tersebut dirancang mengikuti standar Universal Windows Platform, yang artinya tampilannya bisa diadaptasikan ke berbagai ukuran layar. Pun demikian, rupanya tim Twitter masih butuh waktu cukup lama untuk mengoptimalkan semuanya buat Windows 10 Mobile.

Aplikasi Twitter untuk Windows 10 Mobile ini punya fitur yang cukup lengkap kalau dibandingkan dengan versi iOS atau Android-nya. Pengguna bisa mengakses fitur Moments, group Direct Messages, quote Tweet dengan tambahan komentar, hingga menyimak koleksi Tweet yang populer tanpa harus login terlebih dahulu.

Pengguna juga bisa merekam video, mengeditnya lalu mengunggahnya langsung dari aplikasi. Namun masih ada satu fitur yang tak bisa kita jumpai di versi iOS maupun Android-nya, yakni dark theme. Tampilan serba hitam ini sudah menjadi andalan Twitter sejak era Windows Phone. Untuk mengganti tema, pengguna bisa mengakses menu Settings, lalu Personalization.

Melengkapi semua itu adalah dukungan Cortana, dimana pengguna bisa meminta bantuan asisten virtual tersebut untuk menuliskan Tweet atau mencari konten di Twitter. Bagi pengguna handset Windows 10 Mobile, silakan unduh aplikasi Twitter resmi ini langsung di Windows Store.

Sumber: Windows Blog.