1. Entrepreneur

5 Aplikasi Ujian Sekolah untuk SMP dan SMA

Selama masa WFH, belajar dari rumah jadi aktivitas baru bagi jutaan siswa dan mahasiwa di Indonesia. Beruntung karena sekarang ada banyak aplikasi belajar yang memungkinkan mereka menimba ilmu dari rumah bermodalkan smartphone.

Sebelum ini, Trikinet sudah bahas beberapa aplikasi belajar online, antara lain belajar MTK, Biologi, dan termasuk aplikasi gratis dari Telkomsel. Nah, agar makin komplet, Anda tentu ingin menguji seberapa baik pemahaman Anda dengan pelajaran-pelajaran yang sudah Anda dapatkan, yaitu dengan ujian.

Maka, sekarang redaksi akan hadirkan beberapa aplikasi ujian berbasis Android untuk SMP dan juga SMA.

Zenius

https://youtu.be/633k0joKgAI

Zenius ingin mengubah cara lama dalam belajar dengan cara baru melalui layanan pendidikan online dan juga offline yang dikombinasikan dengan modul serta video tutorial. Secara khusus Zenius membantu pelajar mempersiapkan diri menghadapi tes masuk perguruan tinggi, menghadapi ujian nasional, ujian-ujian sekolah, serta tools belajar yang dapat diakses kapanpun dan di manapun secara online.

Quipper

Quipper selain menawarkan produk aplikasi e-learning seperti StraightAce, Quipper Courses, Gakumo, dan juga Quipper School, juga memiliki satu layanan untuk menguji kemampuan siswa, yaitu Quipper Quiz.

Quipper School merupakan platform penghubung antara siswa dan guru dalam pembagian tugas secara online. Layanannya diklaim sesuai dengan pelajaran yang diadaptasi dari kurikulum yang berlaku di Indonesia, tak ayal mata pelajaran yang umum ditemukan seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS tersedia di Quipper School. Sesuai dengan keterangannya, saat ini, Quipper School hanya bisa dinikmati oleh siswa kelas SMA mulai dari kelas 10 hingga kelas 12.

Soal Ujian SMP

Secara khusus aplikasi sederhana ini menyajikan kumpulan soal ujian untuk sekolah tingkat pertama dari kelas 7 (tujuh) sampai kelas 9 (sembilan), memuat pelajaran-pelajaran di sekolah seperti Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Kewarganegaraan, Bahasa Inggris, Seni Budaya, ujian nasional dan Pendidikan Agama Islam, geografi, ekonomi, fisika, biologi, TIK dan pelajaran lainnya. Unduh aplikasi dari Play Store.

Pahamify - Belajar Online Gratis

https://youtu.be/LKF7AEJFRCA

Selain sebagai tempat belajar online, Pahamify juga bisa dijadikan alat bantu untuk menguji kemampuan siswa lewat simulasi ujian yang bisa disesuaikan dengan kelas masing-masing siswa. Terdapat beberapa seri ujian, mata pelajaran dan juga mencakup ujian nasional.

SoalOnline

https://youtu.be/Z8P1g6dI8-4

Terakhir, ada SoalOnline. Aplikasi ujian ini secara khusus mengedepankan fase pengujian akan pemahaman siswa. Untuk fase awal, terdapat juga beberapa materi pembelajaran sebelum siswa digembleng lewat simulasi ujian, baik UAS atau UAN.

Itulah dia 5 aplikasi ujian online untuk SMP dan juga SMA. Dengan demikian, sekarang "senjata" untuk belajar mandiri di rumah sudah semakin lengkap.

Gambar header Pixabay.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again