1. Entrepreneur

7 Aplikasi UMKM yang Jarang Diketahui, Namun Layak Dicoba

Rekomendasi aplikasi untuk UMKM yang jarang diketahui, namun siapa tahu bermanfaat untuk bisnis Anda. Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini dapat dirasakan salah satunya dengan munculnya aplikasi penunjang untuk para pelaku ekonomi. Aplikasi untuk UMKM menawarkan berbagai macam fitur dan layanan yang dapat membantu mengelola usaha Anda agar lebih sistematis, otomatis, dan lebih luas jangkauannya. Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis melalui Google Play Store. Berikut aplikasi UMKM yang jarang diketahui, namun layak untuk Anda coba sesuai dengan bisnis yang akan atau sudah Anda jalankan.

1. Ekosis

Ekosis merupakan aplikasi yang dirancang untuk pelaku UMKM di bidang agribisnis. Aplikasi ekosis memberikan fasilitas bagi para produsen, pedagang, logistik, hingga konsumen untuk dapat memperluas jaringan dengan bertransaksi melalui Ekosis.

Aplikasi Ekosis dapat menjangkau seluruh Indonesia. Terdapat marketplace  untuk memasarkan komoditas agribisnis kepada pembeli. Adanya push notifikasi, pelaku usaha dapat mempromosikan produk dagangan dan kios ke seluruh pengguna Ekosis. Aplikasi ini juga menyediakan pelatihan dan juga webinar untuk menambah ilmu dan keahlian di bidang agrabisnis bersama dengan narasumber terpercaya.

2. AwanToko

AwanToko merupakan aplikasi bagi UMKM kelontong. Dimana pemilik toko kelontong dapat dengan mudah menambah stok barang tanpa perlu keluar rumah. AwanToko memiliki layanan berupa AwanTempo, dimana para pemilik toko kelontong dapat berbelanja secara kredit di Toko Agen Grosir yang telah bekerja sama dengan AwanToko.

Adanya AwanToko, semakin memudahkan pelaku UMKM dalam proses pemesanan barang dan akan menghemat waktu lebih banyak. Konfirmasi ketersediaan barang, kesiapan barang, dn proses pemesanan menjadi lebih mudah dan pasti.

3. Krealogi

Aplikasi Krealogi dirancang untuk UMKM khususnya di bidang kriya atau kerajinan. Aplikasi ini dapat membantu proses usaha mulai dari merencanakan produksi,  pencatatan bahan baku, pencatatan pesanan, perencanaan produksi, mencatat transaksi, manajemen gudang, hingga laporan usaha.

Bagi pengusaha kriya, keakuratan bahan baku merupakan hal yang penting. Pada aplikasi Krealogi terdapat fitur Gudang, dimana Anda dapat mengelola gudang dengan data yang terintegrasi agar dapat memantau stok secara akurat.

4. Johar

Aplikasi Johar menyediakan layanan transportasi online, pengiriman barang, kurir sembako, pesan antar makanan, belanja kebutuhan sehari-hari, dan penyedia jasa profesional. Aplikasi Johar dikhususkan untuk UMKM, Pasar dan Pariwisata.

Aplikasi Johar menerima mitra dan juga driver untuk memenuhi permintaan pelanggan. Terdapat berbagai mitra yang bekerja sama dengan Johar, yaitu pelaku UMKM, kerajinan, sembako, daging dan ikan, pakaian, makanan dan minuman, elektronik, pariwisata, dan lainnya.

5. Piposmart

Piposmart merupakan aplikasi kasir untuk usaha laundry. Anda bisa melakukan pengelolaan data transaksi, data pelanggan, dan data pegawai akan dicatat dan tersimpan secara otomatis. Pada aplikasi Piposmart terdapat fitur mengelola pendapatan usaha, pengiriman struk kepada pelanggan, layanan online sistem, transaksi pengeluaran, data pemesanan untuk mengetahui pengambilan barang kepada pelanggan, setiap pemilik dapat memiliki satu outlet dalam satu aplikasi, serta dapat melihat seluruh laporan dalam bentuk pdf.

6. Posnesia

Posnesia merupakan aplikasi kasir untuk pelaku bisnis atau UMKM. Terdapat berbagai fitur yang disediakan untuk menunjang pengelolaan bisnis, yaitu pencatatan laporan secara terperinci, utang dan piutang, cek ongkir, cek mutasi, barcode, serta manajemen stok.

Anda dapat cek laporan keuangan maupun stok secara real time menggunakan aplikasi ini. Pembayaran dapat menggunakan tunai dan non tunai, seperti debit, kartu kredit, dan e-money. 

7. MPStore

Pada mulanya bernama M-Pulsa yang melayani penjualan pulsa dan payment point online banking (PPOB), namun kini telah berganti menjadi MPStore. Aplikasi MPStore merupakan aplikasi untuk membantu UMKM mulai dari pencarian produk, pengelolaan penjualan dan pembelian, serta layanan logistik hingga pembayaran khususnya di bidang layanan keuangan dalam pembayaran tagihan dan pembelian produk secara digital. Kini MPStore tersebar di 500 daerah di Indonesia.

MPStore melayani jual beli barang grosir secara digital yaitu e-commerce, dimana pada aplikasi tersebut melayani jual beli pulsa, data, voucher internet, PPOB, top up game, dan masih banyak produk digital lainnya. Terdapat juga fitur yang memudahkan UMKM dalam bertransaksi. Tersedia pula kebutuhan pokok konsumen, seperti sembako, susu, makanan dan minuman instan, kebutuhan rumah tangga, perawatan tubuh, dan lainnya. Adanya dashboard owner memudahkan pelaku UMKM untuk mengelola toko lebih dari satu tempat.

Itulah deretan aplikasi untuk UMKM yang jarang diketahui dan layak dicoba bagi para pelaku bisnis. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mengetahui lebih banyak mengenai aplikasi UMKM.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again