1. DScovery

9 Aplikasi untuk Membaca Komik Terbaik di Android 2022

Kamu suka baca komik? Sekarang cukup dari ponsel sudah banyak komik siap menemanu!

Komik menjadi salah satu bacaan yang banyak penggemarnya. Hal ini tentu saja karena tak hanya berisi jalan cerita, namun diisi gambar sehingga adegan penceritaan nampak lebih nyata.

Sama halnya seperti film, komik atau cerita bergambar sendiri banyak jenisnya sesuai negaranya masing-masing. Saat ini masih jadi yang populer perujukkan komik biasanya berkiblat ke Jepang dengan manganya.

Beriringan dengan pesatnya teknologi, komik yang dulunya dinikmati dalam lembaran kertas menjadi satu bundel buku telah bergeser pula ke media digital. Pada medium ini, negara lain mulai menguasai pangsa komk khususnya di Indonesia yaitu manhwa dari Korea maupun manhua dari China.

Jika kamu penggemar keduanya, biasanya kamu dapat membedakan antara manhwa dengan manhua. Namun bukan itu yang akan kita bahas sekarang. Untuk kamu yang baru akan terjun ke dunia perkomik-kan digital, atau kamu yang sudah bosan dengan platform komikmu ini artikel yang tepat.

DailySocial.id akan memberikan beberapa rekomendasi terbaik dari aplikasi komik untuk perangakat android, berikut daftarnya!

WEBTOON

Aplikasi komik digital pling populer di Indonesia saat ini (Google Play)

Bagimu penggemar manhwa, mustahil gak kenal aplikasi yang satu ini. Berasal dari Korea dan satu induk dengan perusahaan Line, Webtoon telah ada di playstore Indonesia sejak 2014. Karya yang ditawarkan sendiri beragam, baik itu para komikus Indonesia maupun cerita terjemahan dari negara lain pun tersedia.

Sayangnya beberapa tahun terakhir WEBTOON semakin dikomersialisasikan. Menunggu satu episode perpekan, setelah tamat kamu harus segera membacanya. Sebab, beberapa cerita laris setlah tamat justru dijadikan konten berbayar dan harus merogoh kocek untuk membeli koin yang berguna membuka tiap episodenya.

MangaToon

Aplikasi khusus manga yang patut dicoba (google play)

Aplikasi gratis ini menawarkan berbagai genre komik mulai dari aksi, romansa, kehidupan, dan lainnya. Untuk kenyamanan pembaca, MangaToon tidak hanya menyiapkan cerita yang menarik, tetapi juga menampilkan gambar dengan kualitas dan resolusi yang baik.

Namun beberapa pengguna mengeluhkan adanya iklan yang hadir 3-4 kali walaupun ia sudah menjadi pengguna premium.

WebComics

Tawarkan jenis komik yang bervariasi (google play)

Aplikasi WebComics menyebut dirinya salah satu platform membaca komik paling populer bagi anak muda di Amerika. Banyak komik eksklusif yang legal hanya ada di sini. Kreator membuat komik menawan setiap hari dari mana saja untukmu.

Eksplor genre favoritmu dan temukan komunitasnya dalam aplikasi ini untuk saling berbagi pengalaman. Namun sayangnya pengguna mengeluhkan karena aplikasi ini masih membiarkan membiarkan adanya cerita yang terbelangkai dan ditinggalkan komikusnya.

BILIBILI COMICS - Manga Reader

Nikmati bacaan bergambar dari berbagai genre (google play)

Nikmati bacaan dari berbagai genre mulai dari romansa, aksi, horor, komedia, slice of life dan sebagainya. Komik dan manga yang ada di aplikasi ini tentu ditulis dan diterjemahkan oleh kreator serta penerjemah profesional.

Sayangnya aplikasi ini memiliki timer yang mendorong pembaca untuk segera menyelesaikan bacaan perharinya. Jika kamu bukan orang yang begitu sabar, sepertinya akan kurang cocok menikmati komik dari aplikasi ini.

Marvel Unlimited

Rekomendasi bagi kamu pecinta MCU (Google Play)

Marvel Unlimited adalah layanan berlangganan komik digital utama Marvel. Dapatkan akses instan ke lebih dari 30.000 komik digital dan lebih dari 80 tahun buku komik melalui aplikasi Marvel Unlimited, atau browser web. Gratis uji coba selama 7 hari.

Jika bukan karena dikhususkan untuk cerita tokoh Marvel mungkin hal ini akan jadi beban pertimbangan. Sebab beberapa pengguna mengeluhkan performa aplikasi yang terlalu kasar dan beberapa bug masih terjadi.

Manta: Comics & Graphic Novels

Menyediakan komik dan novel bergambar (google play)

Pengguna dijanjikan dapat membaca komik web yang sedang tren sepuasnya. Setiap bacaan akan membawa  ke dunia yang berbeda. Lewati momen dan temukan daya tarik, daya pikat, dan intrik yang ada di dalam setiap buku komik kami, semuanya sempurna untuk binging.

Perpustakaan aplikasi ini dipenuhi dengan mistik, keajaiban, dan pesona. Meskipun pengguna masih mengeluhkan masalah pada scrolling aplikasi yang kasar.

Tapas – Comics and Novels

Rasakan membaca komik dari kreator profesional (Google Play)

Tapas juga tidak kalah menarik dari aplikasi-aplikasi sebelumnya. Aplikasi ini juga dipenuhi banyak bacaan laris dan ditulis oleh komikus profesional. Kamu dapat merasakan sensasi membaca cerita yang sayang untuk dilewati.

Namun kamu harus siap menonton beberapa iklan tiap kali membaca satu episode cerita ya.

Challenger Comics Viewer

Tawarkan bacaan komik berformat PDF (Google Play)

Aplikasi ini benar-benar menawarkan layanan secara gratis membaca komik secara PDF bahkna tanpa iklan. Selain itu, komik-komik yang tersedia cenderung klasik dan mungkin akan susah kamu temukan di pasaran buku-buku cetak. Sayang 'kan kalau gak dicoba?

Namun, dengan formatnya yang PDF ini pembaca masih mengeluhkan fitur zoom dan scrool aplikasi. Harus dibenahi nih biar makin asik.

Astonishing Comic Reader

Menyuguhkan bacaan bergenre superhero (Google Play)

Kembali kali ini ada aplikasi komik yang dikhususkan bagi kamu pecinta superhero. Cocok juga nih kalau kamu pecinta DC atau MCU, lumayan untuk menambah refrensi hiburanmu di genre ini.

Namun masih sering ditemukan beberapa bug saat mentransfer komik ke dalam library yang tersedia di aplikasi.

Itulah beberap aplikasi komik yang DailySocial.id tawarkan untukmu pecinta komik maupun yang baru mau mencobanya. Silahkan sesuaikan dengan budget kamu dan rasakan sensasi membaca cerita bergambar!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again