1. DScovery

7 Aplikasi untuk Tunanetra Terbaik di HP Android Tahun

Bagi penyandang tunanetra ada aplikasi tunanetra terbaik di hp android yang dapat diunduh.

Teknologi yang terus berkembang juga telah memberikan kemudahan akses informasi dan aktivitas bagi para penyandang disabilitas, salah satunya tunanetra. Berbagai fitur smartphone saat ini telah memudahkan penggunanya dengan berbagai fitur.

Berbagai aplikasi muncul dalam beberapa tahun terakhir yang diharapkan mampu mengatasi masalah tertentu.

Berikut daftar aplikasi tunanetra di HP Android yang dapat kamu unduh.

1. Be My Eyes

Google Play Store

Salah satu aplikasi untuk tunanetra yang bisa kamu coba di Android adalah Be My Eyes. FYI, Be My Eyes telah memenangkan beberapa penghargaan. Salah satunya adalah Google Play Awards dalam kategori Pengalaman Aksesibilitas Terbaik.

Tak heran karena aplikasi ini memiliki banyak fitur yang berguna untuk adik-adik tuna netra.

Be My Eyes menghubungkan penyandang tunanetra dengan banyak relawan yang siap membantu mereka dalam aktivitas sehari-hari seperti jalan-jalan, memasak, dan lainnya. Aplikasi ini memungkinkan pengguna dan sukarelawan untuk terhubung melalui panggilan suara atau video.

Kemudian, melalui gambar-gambar dalam video tersebut, para relawan menyaksikan suasana di mana teman-teman tunanetra itu berada. Setelah itu, para relawan membimbing adik-adik tunanetra itu dengan suara.

2. Lazarillo GPS for Blind

Google Play Store

Aplikasi ini dapat berfungsi sebagai panduan untuk tunanetra. Berdasarkan GPS, aplikasi ini memberi tahu penggunanya tempat-tempat di sekitarnya.

Notifikasi tersebut tentu saja melalui suara. Misalnya, jika jalan di sekitar lokasi ini masuk atau ada perempatan, aplikasi ini akan memberikan notifikasi.

Lazarillo dapat bekerja di belakang layar, sehingga aplikasi tetap bekerja meskipun pengguna sedang menggunakan aplikasi lain yang relevan. Penggunaan GPS secara terus-menerus dengan cepat menguras baterai ponsel.

3. Supersense

Google Play Store

Aplikasi Supersense juga dapat dipercaya untuk penyandang tunanetra. Terdapat fitur scanner atau pemindai yang menyediakan lokasi barang seperti kursi, tempat sampah, tempat tidur, pakaian dan lainnya.

Kamu dapat membantu teman buta kamu memindai benda-benda ini dengan kamera ponsel android.

Selain itu, Supersense juga dapat membantu membacakan dokumen penting bagi saudara tunanetra. Kamu dapat membagikannya langsung ke aplikasi Supersense. Kemudian, aplikasi akan secara otomatis membaca dokumen tersebut.

4. Sullivan+

Google Play Store

Sullivan+ menawarkan beberapa fitur yang dapat memudahkan penyandang tunanetra untuk mengidentifikasi objek, memilih warna pakaian, dan membaca dokumen menggunakan OCR.

Aplikasi ini juga memungkinkan kerabat tunanetra untuk mengetahui siapa yang mereka temui. Ya, Sullivan+ dilengkapi dengan pengenalan wajah yang dapat mendeteksi keberadaan seseorang di dekat kerabat yang buta.

Aplikasi Sullivan+ juga memiliki sensor cahaya yang membantu penyandang tunanetra menemukan posisi sakelar untuk menghidupkan atau mematikan ruangan.

5. Lookout

Google Play Store

Google juga menawarkan aplikasi khusus yang dapat digunakan oleh tunanetra dan tunanetra.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan mudah. Ada berbagai cara untuk membaca teks, dokumen, mengurutkan huruf, dan lainnya.

Pengguna dapat dengan mudah mengenali uang kertas menggunakan kamera. Mode deteksi makanan juga tersedia. Pengguna aplikasi Lookout dapat menggunakan mode penandaan makanan untuk memindai makanan apa yang sedang dimakan. Kamu bisa mengenalinya dengan kode batang pada kemasan makanan.

6. Cash Reader

Google Play Store

Seperti namanya, aplikasi ini dirancang untuk saudara tunanetra yang ingin mengetahui uang tertentu. Cash Reader membantu pengguna memindai uang tunai di tangan.

Yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi dan kemudian memegang kamera di depan uang yang dipindai. Saat pemindaian selesai, program mengumumkan jumlah uang dalam bentuk suara. Teks dengan huruf kapital juga dapat dilihat di layar ponsel. Saat ponsel kamu dalam mode tidur, aplikasi pembaca uang masih dapat memindai uang. Namun, setelah pemindaian selesai, sejumlah uang akan ditransfer melalui getaran ponsel.

Cash Reader mendukung pemindaian berbagai mata uang. Mulai dari Rupiah, Rupee, US Dollar, Peso dan masih banyak lagi.

7. MyEyes

Google Play Store

Aplikasi MyEyes memungkinkan pengguna mengidentifikasi objek dengan mudah. Membaca teks menggunakan OCR juga tersedia.

Tidak boleh dilupakan bahwa fitur pengenalan wajah dapat membantu pengguna mengidentifikasi orang di sekitar, bahkan berdasarkan jenis kelaminnya.

Aplikasi MyEyes juga menyediakan kemampuan deteksi objek dalam foto dan gambar, serta warna pada objek tertentu.

Nah, demikian 7 aplikasi yang kami rekomendasikan bagi penyandang tuna netra terbaik di HP android. Kamu mau pilih yang mana?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again