Categories

Mobile

Aplikasi Windows Phone Pilihan Untuk Pelajar/Mahasiswa

Puja pramudya - 4 October 2014

Dengan kemampuan ponsel pintar yang semakin canggih, seperti akses internet, kamera, penyimpanan, kalendar dan akses ke cloud, telah membuka berbagai kesempatan untuk menggunakannya dalam membantu proses pembelajaran.

Tidak heran kita sering melihat pelajar atau mahasiswa, menggunakan secara maksimal smartphone yang dimilikinya untuk membantu menyelesaikan tugas akademik.

Informasi yang tersedia di internet dapat diakses dengan mudah. Berbagai bahan dapat disimpan di perangkat tanpa harus memakan ruang fisik yang besar. Perangkat bahkan dapat digunakan untuk menjadi media pengingat mengenai kewajiban-kewajiban yang harus ditunaikan.

Perangkat Windows Phone Anda bisa jadi menjadi ‘asisten pribadi’ yang membuat kehidupan akademik menjadi lebih baik.

Berikut ini kami coba pilihkan 5 aplikasi Windows Phone yang dapat digunakan pelajar/mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari di sekolah atau kampusnya.

 

Power Planner

Jika pelajar/mahasiswa mencari aplikasi untuk membantu kehidupan akademik menjadi lebih terorganisir, maka Power Planner bisa menjadi salah satu solusinya. Power Planner menyediakan berbagai fitur yang memudahkan pelajar/mahasiswa untuk mencatat pekerjaan rumah, jadwal ujian, penilaian dan media pengingat.

Power Planner terintegrasi secara total dengan kemampuan perangkat Windows Phone seperti live tile untuk pengingat jadwal dan PR, pengingat untuk jadwal ujian dan kelas serta grafik nilai yang memudahkan melakukan pemantauan proses belajar.

PowerPlanner bisa digunakan untuk membantu proses mencatat bahan pelajaran, melakukan penandaan dengan mudah dan menggunakan kamera untuk melengkapi catatan dengan gambar yang relevan.

Aplikasi ini gratis namun untuk menggunakan beberapa fitur diharuskan melakukan pembayaran di dalam aplikasi (in-app purchas).

Download – Windows Phone Store – Gratis dengan in-app purchase ($0.99)

 

Wikipedia

Wikipedia saat ini sudah menjadi salah satu sumber bacaan yang mengandung banyak sekali informasi yang bermanfaat. Meskipun tidak disarankan menjadikan Wikipedia menjadi sumber referensi bahan makalah atau tulisan ilmiah, jutaan artikel di Wikipedia mampu memuaskan dahaga pelajar/mahasiswa dalam mencari informasi.

 

Info menarik: [Panduan Pemula] Cara Membeli Aplikasi Menggunakan Potong Pulsa di Windows Phone

 

Aplikasi Wikipedia di Windows Phone yang dikembangkan oleh Rudy Huyn, ini menawarkan fitur lengkap dan pencarian cepat terhadap konten yang tersedia di penyimpanan Wikipedia. Pengguna bisa mencari konten dengan bantuan fitur auto-complete dan detail informasi dengan navigasi yang mudah dan menyenangkan.

Setiap artikel bisa ditandai untuk dapat diakses secara lokal di lain waktu. Satu hal yang konsisten dari aplikasi buatan Rudy adalah antarmuka yang menarik dan menyenangkan disertai dengan animasi yang cantik membuat kita ingin terus membuka dan menggunakan aplikasi ini.

Satu lagi, aplikasi ini sudah mendukung fitur Cortana, sehingga Anda dapat berdialog dan mencari sumber pengetahuan dengan menggunakan navigasi suara, seakan-akan sedang berbicara dengan teman Anda.

Download – Windows Phone Store – Gratis

 

Equations

Aplikasi Equations membantu penggunanya untuk menyelesaikan persoalan matematika, informasi nilai konstanta yang umum digunakan serta rumus-rumus yang relevan dalam dunia matematika. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam solver, seperti solusi untuk permasalah kuadrat, sistem aljabar dengan dua,tiga atau empat variabel yang tidak diketahui.

Equations menyediakan daftar konstanta seperti nilai phi, basis logaritma, bialan euler dan konstan lain yang mungkin anda perlukan sebagai referensi. Aplikasi ini juga memudahkan kita belajar dan mengingat berbagai rumus-rumus penting untuk menyelesaikan persoalan matematika, fisika dan kimia.

Download – Windows Phone Store – Gratis

 

Bing Translator

Bing Translator adalah teman terbaik Anda ketika menghadapi persoalan bahasa. Pengguna dapat menggunakan kamera, suara atau keyboard untuk mencari kata yang ingin ditranslasi. Download kamus bahasa dan Anda dapat menggunakan aplikasi ini meskipun tanpa koneksi internet.

Bing Translator menyediakan lebih dari 40 bahasa untuk persoalan translasi teks. Fitur translasi kameranya bahkan dapat digunakan untuk menerjemahkan  dari gambar koran, tanda atau teks yang dicetak secara cepat.

 

Info menarik: 5 Aplikasi Windows Phone Pilihan Untuk Berbelanja

 

Fitur text-to-speech dapat digunakan untuk mendengar bagaimana suatu kalimat diucapkan oleh orang yang menggunakan bahasa tersebut sebagai bahasa utama.

Download – Windows Phone Store – Gratis

 

Khan Academy

Khan Academy memungkinkan kita belajar berbagai topik, termasuk matematika, sains, keunganan, sejarah dan banyak lagi dalam bentuk video. Tersedia lebih dari 6000 video yang dapat diakses secara langsung dari perangkat Windows Phone Anda.

Khan Academy tidak hanya cocok bagi pelajar maupun mahasiswa, tetapi bagi siapapun yang ingin mendapatkan informasi dan pengetahuan dalam bentuk video.

Aplikasi Khan Academy dirancang dengan baik sehingga memiliki kecepatan akses terhadap ribuan katalog yang ada. Bahkan pengguna dapat memilih video yang diinginkan untuk diunduh lalu ditonton kapanpun dan dimanapun.

Dan yang paling penting adalah semua konten yang disediakan adalah gratis, tanpa tapi.

Download – Windows Phone Store – Gratis

 

Semoga aplikasi pilihan ini dapat membantu para pelajar/mahasiswa menjalani kehidupan akademik lebih baik dan menyenangkan. Selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter