Categories

Berita

ApotikAntar Sediakan Layanan Pesan Antar Obat Tanpa Menunggu

Avi Tejo Bhaskoro - 15 November 2013

Belakangan ini, dunia kedokteran dan kesehatan Indonesia terlihat sedang gencar membawa layanannya ke ranah digital. Sejak tahun lalu, kami sempat beberapa kali memberitakan perihal kehadiran banyak startup baru yang membawa dunia kesehatan untuk menjadi fokus layanannya. Sebut saja SpotDokter, DokterGratisTanyaDok, dan yang terbaru TipsDokter. Kini, ada satu lagi pemain baru yang bernama ApotikAntar. Seperti apa layanannya?

Sesuai dengan namanya, ApotikAntar mengkhususkan diri melayani pengguna dalam layanan pengiriman obat-obatan yang tersedia di apotik umum. ApotikAntar mengajak pengguna untuk tak perlu lagi repot mencari apotik terdekat untuk mencari obat yang dibutuhkan. Hanya cukup duduk santai di rumah, obat sudah sampai di alamat tujuan. Masyarakat tidak asing dengan layanan belanja online yang menyediakan pengiriman ke rumah, tetapi hal ini masih belum umum ditemukan untuk produk obat.

Pengguna cukup mengakses situs ApotikAntar untuk mencari berbagai obat yang dibutuhkan mulai dari obat bebas, generik hingga obat resep dokter sekalipun. Untuk yang terakhir ini kesulitan (mungkin) lebih dialami oleh konsumen karena resep dokter yang biasanya tidak mudah dibaca oleh orang awam. Penyediaan logistik ApotikAntar dilakukan dengan bekerja sama dengan apotik di berbagai kota di Indonesia yang telah memiliki SIA (Surat Ijin Apotik).

Ketika memasuki laman depan ApotikAntar, pengguna langsung dihadirkan pilihan cepat untuk mencari ratusan jenis dan merek obat yang tersedia. ApotikAntar menyediakan pencarian cepat berdasarkan huruf abjad agar tidak repot satu per satu membuka halaman pencarian. Untuk memberikan hasil pencarian yang lebih detail dan akurat, ApotikAntar juga menyediakan bar pencarian obat berdasarkan kategori yang diinginkan, dari obat kecantikan, generik hingga suplemen.

Di kolom bawah, ApotikAntar memaparkan jajaran obat-obat terlaris. Khusus di kolom ini, jika pengguna menemukan obat yang dicarinya, pengguna dapat langsung memesannya dengan meng-klik thumbnail “Beli Produk” dan otomatis dimasukkan ke dalam shopping cart. Cukup praktis bukan?

Layanan yang masih berafiliasi  dengan TipsDokter (keduanya dinaungi oleh PT Mensa Medika Investama) ini juga menyediakan tab menu lain seperti “Artikel Kesehatan” dan “Testimoni”. Sebagai penyedia layanan e-commerce, fitur dan fungsi yang dihadirkan oleh ApotikAntar bisa dibilang telah lengkap untuk pelayanan belanja obat dan kebutuhan kesehatan lainnya secara online.

Untuk pembayaran, ApotikAntar menerapkan metode pembayaran yang cukup lumrah ditemui dalam layanan e-commerce. ApotikAntar menyediakan layanan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit yang bermitra dengan Doku dan juga melayani pembelian secara Cash On Delivery (COD) yang diperuntukkan bagi pengguna yang ingin mengambil barang pesanannya secara langsung tanpa harus menunggu di rumah maupun di kantor.

Untuk layanan pengiriman, ApotikAntar mengakomodasi pembelian dan pengiriman dilakukan di hari yang sama (one day service).

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter