23 April 2013

by Iqbal Farabi

App Annie Index: Pendapatan iOS App Store 2,6 Kali Lipat Pendapatan Google Play Store

Seperti biasanya, secara berkala App Annie selalu merilis laporan mengenai perkembangan aplikasi-aplikasi di dua app store terbesar, iOS App Store dan Google Play. Kali ini, App Annie mengeluarkan laporan untuk hasil kuartal pertama 2013.

Pada kuartal pertama 2013 lalu, iOS App Store masih memimpin baik dari segi jumlah pendapatan maupun jumlah unduhan. Saat ini aplikasi-aplikasi di iOS App Store memiliki total pendapatan 2,6 kali lipat dari aplikasi-aplikasi di Google Play Store. Meski masih unggul dengan selisih yang cukup besar, perbedaan antara Google Play Store dengan iOS App Store terus berkurang. Pada kuartal keempat 2012 lalu, App Annie melaporkan bahwa iOS App Store memiliki pendapatan 4 kali lipat Google Play Store dan pada laporan Januari 2013 lalu, selisih ini berkurang menjadi 3,5 kali lipat.

Jumlah pendapatan iOS App Store utamanya ditopang oleh pertumbuhan pendapatan dari Amerika Serikat. Sementara pendapatan Google Play Store dipengaruhi oleh pendapatan dari dua negara maju Asia, Jepang dan Korea Selatan.

Sementara dalam segi jumlah unduhan, total unduhan di Google Play Store saat ini sudah mencapai 90% dari total unduhan di iOS App Store. Secara geografis, Amerika Serikat masih mejadi penyumbang terbesar jumlah unduhan bagi kedua app store ini. Cina menjadi negara dengan perkembangan jumlah unduhan terbesar bagi iOS App Store, sementara Rusia memainkan peran serupa untuk Google Play Store.

Laporan selengkapnya dapat Anda simak di blog App Annie pada tautan ini.