Categories

Misc

Apple Akan Buka Toko Retail Pertamanya di Singapura

Penggemar produk Apple di Indonesia jadi lebih dekat jika ingin mendapatkan produk terbaru Apple

Aditya Daniel - 17 November 2015

Beberapa waktu ini sedang santer terdengar bahwa Apple berencana untuk membuka toko retail pertamanya di kawasan Asia Tenggara. Singapura didapuk sebagai negara pertama yang akan memiliki toko retail resmi raksasa teknologi yang lekat dengan nama Steve Jobs tersebut.

Hal ini diketahui pertama kali oleh Tech In Asia yang melaporkan bahwa Apple sedang membuka lowongan untuk toko retailnya. Rencananya toko retail pertama Apple di Singapura tersebut akan dibuka pada tahun 2016 mendatang. Seperti yang dikutip dari Tech In Asia, toko retail Apple akan berada dekat dengan kawasan Orchard Road yang terkenal sebagai pusat belanja di Singapura.

Ditegaskan oleh Angela Ahrendts sang SVP untuk urusan toko online dan retail, Apple memang akan membuka toko pertamanya di sana seperti yang dikutip dari TechCrunch. Meski demikian, belum ada tanggal pasti mengenai kapan dibukanya toko retail Apple tersebut.

Sebagai tambahan, dalam laporan yang dirilis oleh Reuters, Apple telah menandatangani kerjasama dengan Sunseap untuk urusan ketersediaan energi bagi tokonya. Toko retail Apple yang pertama di Singapura akan ditenagai dengan energi yang dapat diperbarui. Hal ini merupakan langkah lanjutan Apple setelah sebelumnya menggunakan energi yang dapat diperbarui untuk setiap kegiatannya yang dimulai dari AS dan terakhir adalah Tiongkok.

Kesepakatan dengan Sunseap ini menjadikan Apple perusahaan pertama yang menggunakan energi terbarukan untuk kegiatan usahanya di Singapura. Dalam proyek kerjasamanya, Apple dan Sunseap akan menghasilkan 50 MW energi terbarukan dimana 33 MW akan digunakan oleh Apple untuk operasionalnya serta sisanya akan digunakan untuk masyarakat Singapura.

Selain toko retail di Singapura, Apple juga berencana membangun pusat riset dan pengembangan (R&D) di Indonesia seperti yang pernah disampaikan oleh Menkominfo, Rudiantara. Fasilitas riset dan pengembangan di Indonesia ini akan meniru model investasi seperti yang pernah dilakukan Apple di Brazil.

Saat ini, toko retail Apple terdekat dari Indonesia berada di Australia. Dengan dibukanya toko retail Apple di Singapura, warga Indonesia yang ingin memiliki produk Apple terbaru tak perlu jauh-jauh lagi ke Australia. Lebih lagi, Singapura kerap menjadi negara gelombang pertama yang mendapatkan produk Apple terbaru pasca diumumkan.

Gambar header: Shutterstock

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter