Apa yang sedang disiapkan Apple untuk iterasi iPhone selanjutnya? Fitur pemindaian lokasi di dalam bangunan bisa jadi salah satunya, jika kita semata-mata mengamati dari akusisi terbaru Apple.

Seperti dikabarkan oleh The Wall Street Journal, Apple baru-baru ini membeli WiFiSlam, sebuah perusahaan penyedia layanan pemindaian lokasi indoor. Layanan WiFiSlam ini berfungsi seperti GPS, hanya saja untuk penggunaan di dalam ruangan. WiFiSlam memungkinkan aplikasi-aplikasi mobile untuk bisa mendeteksi dimana tepatnya lokasi ponsel pengguna di dalam sebuah gedung dengan menggunakan sinyal WiFi.

WiFiSlam didirikan dua tahun lalu oleh Joseph Huang yang sebelumnya bekerja di Google. Meskipun belum ada pemberitaan resmi baik dari Apple maupun dari WiFiSlam mengenai berapa nilai akuisisi ini, sumber WSJ mengatakan bahwa Apple membayar sekitar 20 juta dolar AS untuk membeli WiFiSlam. Namun, masih menurut WSJ, juru bicara dari Apple sudah secara resmi mengkonfirmasi terjadinya akuisisi ini.

Sebenarnya belum ada kabar tentang bagaimana WiFiSlam akan digunakan oleh Apple. Namun, mengingat layanan WiFiSlam saat ini tersedia untuk perangkat mobile, saya prediksikan teknologi pemindaian lokasi indoor ini akan digunakan di produk iPhone dan iPad. Apalagi mengingat sebelumnya aplikasi Siri memiliki sejarah yang mirip. Siri dibeli Apple pada tahun 2010 dan kemudian dijadikan salah satu fitur unggulan Apple di iPhone 4s pada tahun 2011.

Saingan terbesar Apple di sistem operasi mobile, Google, saat ini juga sudah memiliki teknologi pemindaian lokasi indoor meskipun baru diimplementasikan di beberapa tempat terbatas. Melihat perkembangan ini, WSJ sendiri berspekulasi bahwa layanan pemindaian lokasi indoor akan menjadi “medan perang” baru bagi kedua perusahaan ini.

 

Sumber: The Wall Street Journal.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.