Categories

Business

Tokopedia Jadi Salah Satu Perusahaan dengan Pertumbuhan Pendapatan Tercepat di Asia Pasifik

Tokopedia telah berhasil menguasai traffic marketplace di Indonesia selama kuartal 1 2021

Asti - 3 May 2021

Tokopedia, salah satu perusahaan teknologi Indonesia baru-baru ini berhasil membawa Indonesia untuk masuk ke dalam daftar Deloitte Technology Fast 500™ Asia Pacific 2020 untuk pertama kalinya. Tokopedia menduduki peringkat 94 dari 500 perusahaan teknologi, dengan pertumbuhan pendapatan tercepat se-Asia Pasifik. Tokopedia pun dikabarkan merupakan satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk dalam daftar tahun ini.

Prestasi yang diraih oleh Tokopedia ini dihitung berdasarkan persentase pertumbuhan pendapatan selama tiga tahun kebelakang. Selama periode ini, Tokopedia telah berhasil tumbuh sebesar 608%. Apabila dilihat secara keseluruhan, perusahaan-perusahaan yang termasuk dalam daftar Deloitte Technology Fast 500™ Asia Pacific 2020 ini merupakan perusahaan-perusahaan dengan tingkat rata-rata pertumbuhan 551%.  

Menurut Mike Horne, Private Leader dari Asia Pacific Deloitte memberikan tanggapan bahwa untuk mendapatkan kedudukan dalam Deloitte Technology Fast 500™ merupakan pencapaian yang patut diapresiasi karena perusahaan teknologi hingga saat ini sangatlah kompetitif dan terus mengalami perubahan. Dalam kualifikasi dan seleksi Deloitte Technology Fast 500™, peserta harus memiliki standar pendapatan operasional tahunan minimal US$50.000 dan harus memenuhi syarat sebagai perusahaan publik atau swasta yang berkantor pusat di Asia Pasifik. Tidak hanya itu, perusahaan juga harus didefinisikan sebagai perusahaan yang memiliki kontribusi signifikan terhadap kemajuan teknologi dan memiliki fokus dalam pengembangannya.

Tokopedia Menjadi Marketplace yang Paling Banyak Diakses 

Dilansir dari Similarweb, Tokopedia merupakan marketplace yang paling banyak diakses di internet selama kuartal 1 2021, menjadikan Tokopedia sebagai salah satu industri lokapasar terpopuler di Tanah Air, mengungguli Shopee, Bukalapak, Lazada dan Blibli yang juga masuk dalam peringkat lima besar secara berurutan.

Menurut data persentase yang dilansir dari Similarweb, Tokopedia telah berhasil menguasai traffic marketplace di Indonesia sebesar 32,04% pada Januari 2021, dan terus meningkat di angka 33,07% hingga Maret 2021 dengan jumlah kunjungan bulanan mencapai 126,4 juta. Disusul oleh Shopee pada peringkat kedua dengan traffic share sebesar 29,73% di Maret 2021, di mana persentase ini menurun dibanding traffic share Shopee di Januari 2021 yang mencapai 29,78%. Sepanjang kuartal I 2021, Shopee berhasil mengantongi 117 juta kunjungan bulanan. Pada peringkat tiga besar, marketplace tanah air Bukalapak berhasil menguasai traffic share sebesar 7,79% dan tercatat memiliki kunjungan bulanan sejumlah 31,27 juta. 

Pandemi ini tidak dapat dipungkiri membawa pengaruh kuat terhadap pertumbuhan adopsi digital di masyarakat. Pasalnya, selama pandemi, belanja online semakin menjadi alternatif masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sekaligus mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai selama pandemi ini.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter