26 October 2012

by wiku

Apple App Store Kini Tampilkan Harga Aplikasi Dalam Rupiah

Toko aplikasi Apple kini menampilkan harga aplikasi yang dijual dalam mata uang rupiah. Sebelumnya, pengguna yang menggunakan Apple ID Indonesia yang mengakses App Store akan disajikan dengan harga yang ditampilkan dalam mata uang dollar.

Tampilan harga ini berlaku bagi pengguna yang mengakses dari App Strore Indonesia atau yang mengatur akun Apple ID mereka dengan wilayah negara Indonesia. Saya sendiri menggunakan App Store Indonesia dan setelah mencobanya (pada iPhone 4 dengan iOS 6 serta iPad dengan iOS 5) memang harga yang ditampilkan kini telah diubah menjadi dalam mata uang rupiah. Menurut informasi perubahan ini baru terjadi tadi malam.

Saya sendiri mengetahui dari timeline Twitter siang ini ketika teman saya me-RT informasi ini. Terakhir kali mengakses iTunes Store dari iPhone, kurang lebih 2 hari yang lalu harga yang ditampilkan masih dalam dollar. Selain App Store yang diakses dari iPhone, iPad, iPod Touch, harga untuk Mac App Store juga telah menampilkan harga aplikasi dalam mata uang rupiah.

Hal ini tentunya cukup memudahkan bagi konsumen Indonesia dalam mendapatkan informasi aplikasi berbayar di App Store. Di sisi lain, apakah ini tanda bahwa berbagai fasilitas App Store akan secara penuh dinikmati bagi pengguna Indonesia, termasuk membeli lagu di iTunes Store?

Mari kita lihat perkembangan selanjutnya.