23 October 2013

by Yoga Wisesa

Apple Umumkan 'Duet Maut' iPad Air dan iPad Mini Baru

Dini hari tadi, Apple secara resmi akhirnya mengumumkan dua produk baru sebagai penerus seri tablet laris mereka. Di lini tablet sepuluh inci, mereka menyiapkan iPad Air. Ia bisa dibilang merupakan tablet full-sized tertipis yang pernah dibuat Apple. Untuk Anda yang lebih memilih saudara kecilnya, Apple juga mengumumkan telah membenamkan prosesor baru dan Retina Display dalam iPad mini teranyar.

Apa saja kelebihan iPad mini Retina Display dibandingkan sang pendahulu? Sebagai jendela ke dunia digital, Anda mendapatkan layar 7,9-inci dengan resolusi tinggi 2048x1536. Apple membenamkan prosesor baru seperti yang terdapat pada produk smartphone flagship mereka, chip A7 64-bit. Selain tiga pilihan kapasitas memori yang biasa Apple sajikan, mereka juga menambahkan opsi dengan penyimpanan 128GB.

iPad mini baru menjanjikan kemampuan multitasking yang lebih cerdas, Control Center, AirDrop dan penggunaan yang lebih intuitif dan sederhana. Recananya iPad mini baru bisa Anda miliki di akhir bulan November besok dengan harga mulai dari US$ 399 untuk versi Wi-Fi atau US$ 529 untuk varian berkonektivitas mobile data. Varian dengan kapasitas memori 128GB versi Wi-Fi sendiri dibanderol seharga US$ 699 dan US$ 829 untuk tipe mobile data-nya.

Jika melihat harganya, tablet 7,9-inci ini cukup lebih mahal dari pendahulunya. Apalagi versi iPad Mini 2012 mendapatkan potongan harga dimana tipe 16GB bisa Anda miliki hanya dengan US$ 299. Apple juga telah menyiapkan dua buah varian Smart Cover seharga US$ 39 dan US$ 79 untuk tipe terbaiknya.

Bukan itu saja, perusahaan teknologi asal Kalifornia ini juga telah meracik produk primadona penerus tablet 'original' mereka dan memberinya nama iPad Air. Dengan layar 9.7 inci, ketebalan hanya 7,5mm dan bobot kurang dari 460 gram, Apple menyajikannya bagian bezel yang lebih kecil dan menjadi perombakan desain terbesar semenjak iPad 2 yang dirilis di awal 2011.

Terdapat layar Retina Display 2048 x1536 di dalamnya yang ditenagai prosesor A7 64-bit dengan M7 motion coprocessor, Apple mengklaimnya delapan kali lebih cepat dari tipe lama dengan performa grafis 72 kali lebih baik. Ia memiliki kamera depan berteknologi FaceTime HD untuk video call dan kamera belakang iSight 5-MP dengan konektivitas Wi-Fi dua kali lebih cepat berkat dukungan MIMO 802.11n. iPad Air memiliki daya tahan baterai hingga 10 jam dengan pemakaian standar.

Disajikan dengan pilihan empat warna - perak, putih, abu-abu dan hitam - ia dibanderol mulai dari US$ 499 dengan versi LTE mulai dari US$ 629. Baik iPad Air dan iPad mini baru akan didistibusikan dengan sistem operasi Apple teranyar, iOS 7.

Jika Apple iPad Air dianalogikan sebagai pedang samurai, maka iPad mini adalah varian wakizashi-nya - lebih kecil, tapi sama-sama ampuh. Silakan tentukan pilihan Anda.

Berita diolah dari dua artikelThe Verge. Gambar dari situs resmi Apple