11 September 2013

by wiku

Apple Resmi Perkenalkan Dua iPhone Terbaru

Akhirnya penantian telah berakhir, bagi Anda yang menantikan pengumumam resmi dari Apple akan perangkat terbaru, tengah malam tadi (waktu Indonesia) secara resmi Apple memperkenalkan dua perangkat iPhone terbaru.

Apa yang dirilis Apple hari ini tidak jauh berbeda dengan rumor yang telah beredar sebelumnya. Apple memperkenalkan iPhone 5C dan iPhone 5S.

Seperti rumor yang telah beredar sebelumnya, iPhone 5C menghadirkan body plastik yang terbuat dari hard-coated polycarbonate dengan tampilan warna-warni. Ada warna hijau, biru, kuning, pink dan putih. Bagian belakang ini dibuat dari satu bagian jadi tidak ada sambungan. iPhone 5C ini dibuat dengan teknologi yang sama dengan iPhone 5.

iPhone 5C menghadirkan chip A6 dengan kamera 8MP iSight, lalu layar 4 inci yang telah dilengkapi dengan retina display serta dukungan atas LTE untuk kecepatan jaringan. Sistem operasi yang dihadirkan adalah iOS 7 alias OS terbaru dari Apple. Fasilitas FaceTime HD juga dihadirkan di perangkat ini sebagai pelengkap kamera belakang.

iPhone 5C akan mulai bisa dipesan (pre-order) di AS tanggal 13 September 2013 dengan harga $99 untuk model 16GB dan $99 untuk 32GB dengan kontrak 2 tahun. Selain di AS perangkat ini sudah bisa dibeli di berbagai toko di Australia, Kanada, Cina, Perancis, Jerman, Jepang, Singapura dan Inggris pada tanggal 20 September 2013.

Sebagai pelengkap Apple juga menyertakan casing karet yang tersedia dalam berbagai warna termasuk hitam dan seharga $29.

Sedangkan untuk iPhone 5S, yang merupakan penerus dari perangkat iPhone 5 yang sudah tidak akan diproduksi lagi menghadirkan berbagai peningkatan dari generasi pendahulunya seperti SoC A7, dengan arsitektur 64-bit serta iOS 7. Peningkatan kecepatan dua kali lipat serta dari sisi grafis pun mengalami peningkatan.

Secara bentuk hampir tidak ada perbedaan dari iPhone 5, tapi dari sisi kamera generasi terbaru iPhone ini juga mengalami peningkatan. Selain dual flash, iPhone 5S memiliki sensor terbaru untuk kamera 8MP, peningkatan untuk sensor gambar, aperture serta sensivitas cahaya. iPhone 5S pun mendukung OpenGL ES versi 3,0 untuk hasil grafis dan efek visual akan game yang lebih baik. iPhone 5S pun dilengkapi dengan M7 coprosesor yang merupakan 'teman' dari A7 untuk dukungan atas deteksi motiondata dari accelerometer, gyroscope, dan compass. Menjadikan kinerja prosesor lebih efektif.

Satu hal yang terlihat dari sisi tampilan adalah perubahan home button dari iPhone 5S. Seperti rumor yang sebelumnya beredar, tombol home kini meninggalkan ciri khas iPhone lama, hadir dengan ring yang melingkar di sisi tombol home.

Tampilan ini menjadi bagian dari Touch ID, yang merupakan semacam fasiltias password baru dari iPhone 5S. Tombol home kini terdiri dari kristal sapphire di bagian paling atas, ring dari stainless steel, sensor Touch ID serta tactile switch. Touch ID memungkinkan pengguna untuk meng-unlock ponsel dengan pemindai sidik jari. Fasilitas ini juga memungkinkan pengguna untuk melakukan pembelian dari toko aplikasi tanpa harus memasukan password.

iPhone 5S hadir dengan tiga pilihan warna, silver, gold serta abu-abu. Harga jualnya untuk versi 16GB $199, 32GB $299 dan 64GB $399 dengan kontrak 2 tahun. Sama seperti iPhone 5C, iPhone 5S akan mulai bisa dipesan dari tanggal 13 September, iPhone 5S akan mulai dijual tanggal 20 September (tidak ada preorder seperti iPhone 5C) dan tersedia di berbagai toko di Australia, Kanada, Cina, Perancis, Jerman, Jepang, Singapura dan Inggris pada tanggal 20 September 2013. Apple juga akan menjual casing khusus untuk iPhone 5S seharga $39 dalam berbagai pilihan warna.

Untuk baterai baik iPhone 5S maupun 5C menyediakan fasilitas up to 10 jam talk time di 3G, standby sampai dengan 250 jam, penggunaan dengan internet sampai dengan 8 jam di 3G serta 10 jam di LTE dan sampai dengan 10 jam di WiFi.

Sambil menunggu harga untuk versi unlocked seperti yang nanti dijual di Indonesia, Anda bisa melihat berbagai informasi terkait iPhone 5C di tautan ini, sedangkan untuk iPhone 5S di sini.

Update: Cek online store Apple dan ubah negara untuk melihat harga di luar AS, misalnya Singapura jika Anda nanti mungkin tertarik untuk membeli di sana setelah tersedia di toko retail. Untuk harga referensi/gambaran unlocked dari iPhone 5S dan 5C (via @gueamu): 5C 16GB $549 32GB $649. 5S 16GB $649 32GB $749 64GB $849 (belum termasuk pajak jadi ada kemungkinan akan naik jika masuk ke Indonesia). Bulan Desember 2013 kedua perangkat akan tersedia di 100 negara dan lebih dari 270 operator.

Sumber situs resmi Apple serta live blog dari TheVerge