Dark
Light

Apple Rilis Lini MacBook Pro Terbaru, Lebih Ringan dan Lebih Murah, Mac Pro Akan Hadir Desember

2 mins read
October 23, 2013

Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya dalam perhelatan event khusus dini hari waktu Indonesia, Apple secara resmi mengumumkan update terbaru untuk lini produk MacBook Pro. Selain MBP ada juga informasi terkait Mac Pro yang sayang jika Anda lewatkan. Apa saja kejutan baru yang disematkan Apple di lini produk ini? Simak ulasan berikut ini.

Update pertama ditujukan untuk MacBook Pro model 13 inci, sekarang bodi terlihat lebih ramping hanya 0.71 inci dengan bobot yang pastinya juga lebih ringan, kurang lebih 1.57 kg. Tapi yang diyakini akan jadi pusat perhatian adalah dari sisi harga, di mana Apple membanderol model ini mulai dari $1,299, kemudian daya tahan baterai juga diklaim bisa sampai 9 jam plus kecepatan WiFi tiga kali lipat berkat dukungan komponen 802.11ac.

MacBook Pro dengan retina display layar 13 inci ini ada tiga versi, masing-masing dilengkapi dengan 1.4GHz dual-core Intel Core i5 (generasi keempat dari Intel – Haswell) dengan perbedaan dari kecepatan serta RAM dan tentunya ruang penyimpanan internal dari masing-masing perangkat.

Untuk yang kedua, kita juga disuguhkan update terbaru untuk model 15 inci yang menurut Apple sudah mengantongi fitur Iris Pro terbaru yang terintegrasi dengan komponen grafis. Di bagian prosesor ada Core i7 2.0 GHz  dipadu dengan RAM berkapasitas 8GB. Peran SSD berkapasitas 256GB juga jadi daya tarik tersendiri di model 15 inci ini. Tapi yang paling menarik sudah pasti harganya yang lebih murah, dimulai $1,999 per unit.

Selain itu, Apple juga menawarkan konfigurasi lain yang tak kalah gahar, di mana dengan $2,599 Anda bisa mendapatkan MacBook model 15 inci dengan tambahan Nvidia GeForce GT 759M, prosesor i7 dengan kemampuan 2.3GHz, RAM dan SSD yang lebih besar dua kali lipat masing-masing 16GB dan 512GB. Kedua versi MBP 15 inci ini telah menggunakan prosesor CrystalWell generasi keempat dari Intel serta Iris Pro Graphics.

Yang sudah ingin segera memiliki salah satu model di atas, harus bersabar dulu sebab kedua model di atas baru mulai dikapalkan hari ini. Baik MBP 13 inci maupun 15 inci, keduanya telah dilengkapi dengan sistem operasi terbaru OS X, Mavericks.

Mac Pro Menyusul Desember

Selain mengumumkan update terbaru untuk 2 model MacBook Pro, Apple juga mengumumkan kehadiran Mac Pro bulan Desember tahun ini. Anda tentu masih ingat pembahasan model Mac Pro terbaru yang revolusioner kala perhelatan WWDC belum lama ini. Serentak saat perilisan 2 model terbaru MacBook Pro, Apple mengatakan bahwa Mac Pro akan hadir Desember mendatang dengan banderol $2,999.

Mac Pro memiliki tampilan yang sama sekali berbeda dengan generasi Mac Pro sebelumnya, Mac Pro terbaru ini memiliki bentuk silinder berwana hitam dengan ukuran hanya 1/8 dari model sebelumnya.

Mac Pro terbaru ini tak hanya mempunyai desain yang unik dan berbeda, tapi Apple menjanjikan performa yang juga jauh berbeda bahkan dua kali lipat lebih gahar. Di dalamnya akan ada prosesor terbaru Intel Xeon E5, RAM 64GB, chip grafis Dual AMD FirePro dengan memori 6GB. Yang palin keren, akan ada ruang simpan lebih dari 1TB plus performa PCI Express yang jauh lebih optimal. Di bagian konektifitas akan disematkan beberapa port untuk USB 3.o, Gigabit Ethernet, 6 Thunderbolt 2 dan HDMI output. Sementara untuk sistem operasi, Mac Pro akan menggunakan senjata baru Apple yang bernama OS X Mavericks.

Sudah tak sabar menunggu kehadiran Mac Pro? Tahan dulu, sebab MacBook Pro pun tak kalah cadas untuk dimiliki. Untuk yang masih penasaran ingin melihat informasi lengkap atas spesifikasi versi terbaru dari MacBook Pro dan Mac Pro, Apple telah menyediakan halaman resmi, Anda bisa menuju tautan ini (MacBook Pro dan Mac Pro) untuk menjelajah.

Sumber berita TheVerge dan laman resmi Apple

Previous Story

Capai 10 Juta Unduhan dalam Waktu 24 Jam, Google Trends Konfirmasi Indonesia Tetap Peminat Terbesar BlackBerry Messenger

Next Story

Apple Umumkan ‘Duet Maut’ iPad Air dan iPad Mini Baru

Latest from Blog

Don't Miss

Apple iPhone 15 Event: Semua yang Perlu Anda Ketahui Ada di Sini

Kehadiran iPhone 15 pada tahun ini memang membawa arus hype
Chatbot AI Apple GPT

Apple Uji Coba Chatbot AI “Apple GPT” Secara Internal

Apple dikabarkan sedang menguji coba sebuah chatbot AI yang secara