13 September 2012

by Andi Miftachul

Apple Umumkan Smartphone Terbarunya, iPhone 5

Apple akhirnya mengumumkan smartphone terbarunya sebagai iPhone 5. Sebelumnya, smartphone generasi keenam Apple ini dispeskulasikan hanya akan disebut sebagai the new iPhone. Namun pada acara pengumuman di New York San Fransisco hari ini, the new iPhone tersebut resmi diumumkan dengan nama iPhone 5.

Lebih panjang dari iPhone 4 dan iPhone 4S, iPhone 5 ini mempunyai layar 4 inchi. Meskipun lebih panjang, tetapi iPhone 5 ini akan menjadi iPhone teringan dan tertipis dari yang pernah ada dengan tebal 7.6 mm dan berat hanya 112 gram. Teknologi layar sentuh yang digunakan dalam iPhone 5 ini, diklaim Apple sebagai yang paling akurat dalam industri ini.

Untuk prosesornya, iPhone 5 ini akan menggunakan prosesor dual core Apple A6. Dibanding prosesor sebelumnya A5, Apple mengklaim bahwa prosesor ini 22% lebih kecil, namun 2 kali lebih cepat dan memproses gambar dua kali lebih baik.

Selain model yang menggunakan jaringan generasi keempat LTE, iPhone 5 juga hadir dalam model CDMA. Untuk kelengkapannya, iPhone akan dilengkapi dengan kamera 8 megapiksel dan tiga microphone yang mendukung suara HD. Kamera iPhone 5 ini akan bisa mengambil foto ketika sedang mereka video dalam resolusi maksimal, 1080 piksel.

iPhone 5 ini akan hadir dalam dua warna, putih dan hitam. Dengan paket kontrak 2 tahun dengan operator, iPhone 5 dengan kapasitas penyimpanan 16 GB dijual dengan harga 199 dollar Amerika. Sedangkan model 32 GB dijual dengan 299 dollar dan model 64 dihargai 399 dollar. Inggris, Amerika, Kanada, Prancis, Jerman, Australia, Jepang, Hong Kong dan Singapura akan bisa menikmati iPhone 5 ini untuk pertama kali pada 21 September mendatang. Negara-negara lain, akan menyusul mulai 28 September.

Secara umum, fitur-fitur dan penampakan iPhone 5 ini tidak berbeda dengan gambar-gambar dan video bocoran yang pernah beredar sebelumya. Fakta ini menjadi bukti bahwa Apple, perusahaan yang disebut-sebut sebagai perusahaan paling rahasia, ternyata masih bisa bocor juga.

Sumber : The Verge. Sumber Gambar : Wired.