Categories

Berita

Apps Foundry Hadirkan Aplikasi Personalisasi Berita Lokal Scoop News untuk Platform iOS

Amir Karimuddin - 28 January 2014

Setelah menghadirkan aplikasi untuk membaca majalah dan menonton video, Apps Foundry mengingkatkan lagi branding “Scoop” di produk Scoop News. Setelah lebih dahulu hadir untuk platform Android, kini Scoop News hadir di iOS untuk mengakomodasi kebutuhan berita lokal terkurasi dengan topik-topik yang diinginkan. Aplikasi ini diklaim sangat ringan, mudah digunakan, dan telah memiliki ratusan sumber berita.

Seperti dikutip dari rilis persnya, Ellen Nio selaku Product Manager Scoop News mengatakan, “Scoop News telah berkembang ke level yang berbeda dan lebih baru ketimbang saat peluncuran perdananya di Android. Aplikasi ini lebih pribadi dari sebelumnya, di mana konsumen memiliki opsi untuk mengkurasi topik favorit menurut minatnya, dan kami juga memiliki sumber berita regional. Scoop News adalah aplikasi berita berbasis lokasi pertama di pasar Indonesia. 67% pembaca Scoop News versi Android mengakses aplikasi dari luar Jakarta. Ini membantu kami mengidentifikasi kebutuhan (yang diinginkan konsumen) dan Scoop News untuk iOS dibuat untuk mengakomodasi hal ini.”

Di platform iOS, Scoop News akan bersaing langsung dengan Kurio di segmen yang sama. Berdasarkan pemakaian terhadap Scoop News yang memiliki tampilan mirip Zite, layanan memiliki sumber berita lokal yang lebih lengkap ketimbang Kurio. Ada sekitar 20 segmen yang bisa dipilih pembaca Scoop News, termasuk di dalamnya tema Bola, Entertainment, Entrepreneurship, Technology, hingga Travel & Vacation. Scoop News juga memiliki fitur kurasi berita berdasarkan lokasi tempat kita berada.

Sayangnya saat tulisan ini dibuat, nampaknya Scoop News memiliki masalah untuk menampilkan konten yang diinginkan. Aplikasi selalu menanyakan untuk mengecek koneksi yang digunakan. Kami kurang tahu apakah memang ada permasalahan dengan server Scoop News atau aplikasi ini tidak cocok digunakan dengan lingkungan Internet dengan bandwidth cukup rendah (di bawah 512 Kbps) — kecepatan yang masih sering dijumpai oleh pengguna seluler di seputaran Jakarta sekalipun.

Keunggulan Scoop News dan Kurio, dibanding layanan global seperti Flipboard atau Zite, tentu saja berbagai sumber berita lokal yang bisa dikurasi untuk memenuhi kebutuhan pembaca di Indonesia dan kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan jumlah konsumen. Apps Foundry sebagai pembuat seri aplikasi Scoop telah memperoleh pendanaan Seri B sebesar SG$3 juta dari Grup Kompas Gramedia.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter