1. DScovery

Arti Refund, Kebijakan dan Persyaratan, Jenis, Serta Contohnya

Salah satu layanan yang ditawarkan oleh perusahaan atau brand kepada pelanggan adalah pengembalian dana / refund untuk barang dan jasa yang telah mereka beli.

Dengan munculnya transaksi e-commerce online, banyak istilah baru muncul, salah satunya adalah refund atau pengembalian dana, yang lebih sering digunakan. Jika kamu ingin melakukan pengembalian dana, kamu harus mengetahui aturan dan peraturan yang berlaku di masing-masing toko.

Pengertian Refund

Secara sederhana, refund adalah uang kembali yang diberikan kepada seseorang setelah mereka membatalkan pembelian barang atau jasa dari situs web atau platform digital. Pembatalan dapat dilakukan atas berbagai alasan, seperti barang tidak sesuai dengan deskripsi, barang rusak, atau alasan lain yang masih dapat diterima.

Karena fakta bahwa kamu tidak dapat melihat atau menyentuh produk yang ingin kamu beli saat berbelanja secara online, sangat mungkin kamu mendapatkan produk yang tidak memenuhi keinginanmu, terutama dengan banyaknya penipuan yang berasal dari jual beli online. Inilah sebabnya perusahaan digital memilih untuk memberikan pengembalian sebagai cara untuk menunjukkan bahwa mereka benar-benar memperhatikan calon pelanggan. 

Selain itu, refund adalah cara terbaik bagi bisnis untuk mempertahankan kepercayaan dan loyalitas pelanggan dan meningkatkan kredibilitas mereka. Sebagai konsumen, kamu akan dapat tetap berbelanja berbagai produk dengan aman tanpa khawatir mendapatkan produk yang tidak sesuai harapan. 

Kebijakan dan Persyaratan Refund

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, persyaratan, tenggat waktu, dan ketentuan, serta jumlah uang yang dapat dikembalikan oleh pelanggan, diatur oleh kebijakan masing-masing perusahaan di pasar resminya.

Saat ini, kebanyakan toko menyediakan layanan refund. Namun, kamu harus selalu memeriksa apakah bisnis tersebut memiliki sistem pengembalian dana dan bagaimana persyaratannya.

Dalam kebanyakan kasus, peraturan dan persyaratan pengembalian termasuk informasi terkait produk yang dibeli. Untuk memahami lebih lanjut, lihat penjelasan lengkap berikut:

  • Ketika kamu melakukan pembelian, kamu harus memasukkan nomor ID order.
  • Dokumentasi transaksi yang mencakup foto dan dokumen
  • Video yang menunjukkan informasi di dalam paket saat membuka produk
  • Untuk melakukan pengembalian dana, gunakan rekening bank atau nomor akun pasar yang relevan.
  • Alasan pembeli meminta refund 

Jenis Refund

  1. Refund Online

Namun, pengembalian uang untuk barang atau jasa dalam bisnis lebih dikenal sebagai pengembalian dana pajak. Menurut kebijakan mereka, perusahaan dapat memberikan refund  kepada pelanggan.

Meskipun jarang, beberapa toko memiliki kebijakan bahwa barang yang dibeli boleh dikembalikan jika rusak atau cacat tetapi dengan menunjukkan tanda terima. Ini karena bukti transaksi offline adalah nota.

  1. Refund Online

Toko-toko dalam bisnis online seperti e-commerce tidak dapat memberikan refund sampai produk yang dikembalikan diterima. Penyedia layanan e-commerce juga dapat mengizinkan pengembalian dana sebagian atau penuh untuk

Contoh Refund

Sebagai contoh, seorang pelanggan menggunakan e-commerce Toko Fabel untuk membeli tiga puluh pasang pakaian wanita. Toko Fabel menerima permintaan tersebut, yang dikirim dalam lima hari.

Paket diterima oleh pembeli lima hari kemudian. Terdapat kesepakatan bahwa pembeli harus mengambil video untuk membuktikan jika ada kesalahan.

Pembeli mengambil foto dengan smartphonenya saat membuka paket, tetapi sayangnya, warna yang diberikan kepadanya salah. Tiga puluh pasang pakaian wanita berwarna orange diberikan kepadanya, dan ketika dikonfirmasi, terdapat kesalahan pengiriman.

Setelah pembeli mengirim kembali pesanan yang salah, toko Fabel meminta maaf dan menawarkan dua pilihan: penukaran barang atau pengembalian dana seutuhnya. Pembeli yang kecewa akhirnya memutuskan untuk meminta refund sebagai haknya.

Itulah penjelasan mengenai refund, dari pengertian hingga contohnya. Semoga informasi ini membantu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again