Asah Otak dan Saling Berbagi Ilmu Pengetahuan Lewat UtakAtikOtak

Asah Otak dan Saling Berbagi Ilmu Pengetahuan Lewat UtakAtikOtak

learning-keyboard
learning-keyboard

Platform media sosial kini tak hanya menjadi tempat bagi pengguna dalam berbagi cerita dan pengalaman saja, namun juga dapat menjadi platform yang bermanfaat sebagai media berbagi ilmu pengetahuan serta edukasi yang dapat dimanfaatkan oleh siapa saja. Baru-baru ini, sebuah startup baru yang bernama UtakAtikOtak hadir menawarkan fungsi tersebut kepada seluruh pengguna. Seperti apa layanan yang diusung oleh UtakAtikOtak?

Seperti namanya yang cukup unik, UtakAtikOtak menghadirkan fungsi yang juga cukup berbeda dan unik dengan startup lokal lainnya. UtakAtikOtak menawarkan sebuah wadah sarana berbagi ilmu pengetahuan dengan menggunakan fungsi dan fitur-fitur layaknya dalam sebuah platform media sosial pada umumnya.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam keterangan tertulis yang kami peroleh, UtakAtikOtak merupakan situs platform media sosial yang bertujuan untuk mengasah otak pengguna dengan cara saling berbagi soal, menjawab soal, dan berbagi pengetahuan. Dengan bergerak di bidang pendidikan, UtakAtikOtak juga menyediakan sejumlah metode pembelajaran yang dikemas dengan sistem kuis, sehingga di dalamnya dapat terjadi interaksi antar sesama pengguna selayaknya interaksi pada media sosial kebanyakan. Melalui konsep yang diusungnya, UtakAtikOtak berharap layanannya akan dapat dengan mudah digunakan oleh banyak pengguna yang ingin menambah wawasan dengan cara yang mengasyikkan.

Interaksi antar sesama pengguna di dalamnya cukup sederhana. Pengguna yang telah mendaftarkan diri dalam UtakAtikOtak bisa memulai pengalaman berbagi informasi serta ilmu pengetahuan dengan mengunggah soal-soal pertanyaan yang dapat dijadikan kuis bagi teman, atau dengan melayangkan sejumlah pertanyaan yang mungkin menjadi uneg-uneg dalam fitur yang disebut “Tanya Dong”. Di dalam fitur tersebut pengguna dapat bertanya hal apa saja yang tentunya berkaitan dengan ilmu pengetahuan umum.

Fitur utama yang disediakan dalam UtakAtikOtak sebenarnya terletak pada “permainan” kuis yang terfokus pada mata pelajaran umum seperti halnya di sekolah. Soal-soal yang terpampang sebagian besar memang berasal dari mata pelajaran seperti misalnya IPS, sejarah, biologi, IPA, dan lain sebagainya.

Konsep serta apa yang ditawarkan oleh UtakAtikOtak sebenarnya bukan merupakan hal yang benar-benar baru di jagat startup media sosial Indonesia. Sebelumnya kami sendiri pernah memberitakan tentang KelasKita yang menawarkan konsep yang sama namun dengan penyajian yang jauh lebih “serius” dengan fokus pembelajaran lewat ekosistem online.

UtakAtikOtak dan KelasKita menunjukkan bahwa proses pendidikan kian hari semakin dapat dilakukan melalui ekosistem online terlebih pada platform media sosial yang konsepnya jelas sudah jamak dimengerti.

[ilustrasi foto dari: Shutterstock]

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…