Categories

Interview

Asisten Virtual MobilKamu Membantu Memilih Mobil dengan Harga Terbaik

Membantu konsumen mencari mobil baru dan bekas, komisi diperoleh dari penjual atau dealer

Amir Karimuddin - 22 April 2016

Layanan asisten virtual Diana baru saja menghentikan layanan, dan belum tahu kapan bakal beroperasi lagi. Meskipun demikian, bukan berarti layanan asisten virtual adalah segmen teknologi yang tidak menarik. Salah satu layanan yang memiliki fungsi mirip, seperti asisten atau agen virtual, tapi mengkhususkan diri ke segmen pembelian mobil, adalah Mobilkamu.

Saat ini Mobilkamu mengkhususkan diri untuk membantu konsumen mencari mobil dengan penawaran harga terbaik. Awalnya mereka hanya menawarkan pembelian mobil baru, tetapi kini mereka juga membuka segmen pencarian mobil bekas.

Co-Founder MobilKamu Wilton Halim yang ditemui DailySocial menyebutkan ide hadirnya MobilKamu berawal dari hal sepele. Wilton melihat rate keyword di Google Adwords, khususnya di Indonesia, untuk urusan mobil sangat rendah. Menurut penelusurannya, marketplace mobil yang ada saat ini tidak menyelesaikan masalah utama konsumen. Konsumen membutuhkan mobil dengan kualitas bagus dengan penawaran harga terbaik. Biasanya mobil yang dijual kembali di marketplace tidak dalam kondisi terbaik, terutama karena urusan perawatan dan pemakaian.

Meskipun tampilan situs MobilKamu masih jauh dari kata "bagus" dan "mudah digunakan", yang ditawarkan melalui MobilKamu adalah asisten virtual yang membantu konsumen mencari mobil yang diinginkan dengan harga terbaik. Wilton menjelaskan role model layanannya adalah Carwow yang berbasis di Inggris.

Co-Founder MobilKamu Wilton Halim

Setelah konsumen memasukkan data mobil yang diinginkan dan kontaknya, pihak MobilKamu akan mencarikan mobil tersebut ke berbagai dealer rekanan untuk memastikan konsumen bisa memperoleh harga terbaik, karena biasanya setiap dealer memiliki kebijakan berbeda-beda untuk urusan diskon dan bonus.

Khusus untuk pembelian mobil bekas, yang baru saja dibuka, MobilKamu akan bertindak sebagai penjamin mutu karena telah memverifikasi semua produk yang terdaftar. Hal ini untuk memastikan kualitas produk yang ditawarkan ke konsumen.

Berbeda dengan marketplace atau iklan baris, MobilKamu akan bertindak sebagai agen yang akan membantu konsumen menentukan mobil yang paling cocok tanpa dipungut biaya. MobilKamu memperoleh pendapatan melalui komisi dari pihak dealer dan penjual mobil bekas.

Segmen utama konsumen MobilKamu adalah konsumen dengan rentang usia di atas 35 tahun yang cenderung lebih mapan secara ekonomi. Seperti kita ketahui, pembelian mobil secara umum adalah pembelian benda termahal kedua dalam hidup seseorang, setelah rumah.

Jatuh bangun membangun layanan

Sebagai layanan yang masih baru, plus dengan co-founder yang berusia muda, Wilton tak menampik bahwa MobilKamu tidak dimulai dengan mulus. Dengan ide yang dimulai dari Melbourne, Australia, tempat ia berkuliah, Wilton sempat kesulitan mencari mitra Co-Founder dan pendanaan untuk menjalankan operasional. Setelah memperoleh bimbingan dan pendanaan dari sebuah inkubator di Melbourne, Wilton bisa bernafas lebih lega dan kini telah merelokasi keseluruhan timnya (termasuk beberapa orang Australia) ke Jakarta.

Untuk mendukung pertumbuhan layanannya, Wilton telah memasukkan kakaknya, Willix Halim, yang kita kenal sebagai SVP of Growth Freelancer.com, dan CEO Prasetia Dwidharma Arya Setiadharma di jajaran Penasihat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter