Categories

Tips & Trik

[Ask The Expert] Tentang Android Lollipop dan Google Play Developer

Bambang Winarso - 19 December 2014

Kolom Ask the Expert kembali hadir, kali ini mengangkat 3 pertanyaan yang diajukan oleh pembaca Trenologi. Redaksi ucapkan terima kasih atas respon yang diberikan. Sebuah kehormatan bagi kami bisa mencoba memberikan solusi atas persoalan Anda.

Kembali TRL ingatkan bahwa kolom Ask The Expert merupakan program tanya jawab baru yang memberikan kesempatan bagi para pembaca Trenologi yang ingin mengajukan pertanyaan seputar gadget, teknologi, game, layanan internet, blogging dan SEO atau tema digital lain.

Setiap pertanyaan nantinya akan dijawab oleh tim redaksi yang disebut Trenologist. Mereka adalah para expert di bidangnya yang dengan setia menunggu pertanyaan-pertanyaan Anda.

 

Info Menarik: Micromax Luncurkan ‘Yureka’, Smartphone Hasil Kolaborasi Dengan Cyanogen

 

Pertanyaan Pertama:

Mau tanya dong. Pengen tahu ini, sebagai seorang developer game Android apa sih yang harus dilakukan agar akun Google Play Develover-nya aman.

Adhitya Prihantoro

Jawaban:

Pertanyaan yang bagus, tapi saya butuh detail lebih banyak sebenarnya. Aman dalam artian apa, aman dari orang-orang usil atau aman dari suspend? Tak mengapa, saya coba berikan jawaban untuk keduanya.

Untuk mengamankan akun dari orang-orang jahil yang paling penting adalah membuat sandi yang super sulit ditebak. Caranya bisa Anda baca di tautan ini. Di sana sudah dirangkum lengkap.

Suspend adalah sebuah cara yang dipakai oleh Google untuk menghentikan segala praktik kecurangan atau pelanggaran yang dilakukan oleh pengembang. Agar akun aman, pastikan Anda mengikuti aturan baku yang detailnya dapat Anda baca di tautan ini dan ini.

Yang pasti aplikasi harus asli bukan hasil reskin, keyword, deskripsi dan juga judul harus relevan. Google juga punya kebijakan iklan dan yang paling penting tidak mengandung konten-konten yang tidak senonoh.

Pertanyaan Kedua:

Salam kenal gan. Langsung ke intinya aja ya gan ane mau nanya nih bentar lagi kan hh ane kebagian OS Lollipop..  Saya mau tanya apa benar di OS Lollipop bisa pindah APK ke SD card, contoh kaya BBM ya. Ane denger katanya bisa mohon penjelasan-nya agan. Makasih sebelumnya.

Agung Wibowo

Jawaban:

Apa yang Agung dengar itu benar, Google telah mengembalikan fungsi SD Card secara penuh di Android 5.0 Lollipop. Sebenarnya sih sudah dimulai di Android 4.4 tapi belum seleluasa di Android 5.0.

Di Android 5.0 Lollipop akses ke SD Card akan lebih leluasa, pengembang diberikan jangkauan Storage Access Framework yang lebih luas sehingga aplikasi dapat menyimpan data dan media ke SD Card. Hal ini disampaikan langsung oleh Google lewat blog resminya di sini. Tetapi apakah itu artinya bisa memindah APK ke SD Card? Praktiknya saya belum tahu karena belum pakai, tapi seharusnya bisa.

 

Info Menarik: Data Global Web Index Tunjukkan Indonesia Masih Jawara Media Sosial di Tahun 2014

 

Pertanyaan Ketiga:

Apakah Xiaomi redmi 1s bisa di-upgrade ke versi KitKat??

bhybhy

Jawaban:

Jawabannya sangat bisa! Asal Xiaomi merilis update untuk varian tersebut. Tetapi berhubung OS yang mereka gunakan merupakan hasil oprekan sendiri, kemungkinan besar mereka butuh lebih banyak waktu sebelum melepas versi terbaru. Jadi, tunggu saja notifikasi dari Xiaomi, semua pengguna termasuk Anda pun akan mendapatkan pemberitahuaan saat update tersedia.

Itu dia jawaban dari Trenologist atas pertanyaan-pertanyaan yang masuk ke meja redaksi Trenologi. Terima kasih sekali lagi. Jika Anda masih mempunyai pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar atau menggunakan formAsk the Expert.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter