2 September 2014

by Yoga Wisesa

Asus Berencana Mengungkap Smartwatch ZenWatch Sebelum IFA 2014 Berlangsung

Kita tahu, belakangan ini Asus sedang sibuk menyiapkan perangkat smartwatch mereka sebagai langkah perdana memasuki wilayah wearable device. Rencana awalnya, perangkat tersebut akan diungkap untuk publik dalam ajang IFA Berlin 2014 yang dilangsungkan tanggal 5 hingga 10 September nanti menyusul beberapa teaser yang dirilis sebelumnya.

Dilaporkan oleh Focus Taiwan, Asustek akhirnya mengumumkan bahwa produk smartwatch yang selama ini mereka racik hadir dengan nama Asus ZenWatch. Dan menurut penjelasan singkat sang CEO Jerry Shen, smartwatch ZenWatch akan diungkap pada tanggal 3 September - sedikit lebih cepat dari festival IFA 2014.

Berdasarkan laporan Asus di bulan Agustus lalu, Google terkesan dengan apa yang ZenWatch tawarkan dan setuju merangkul Asustek sebagai salah satu partner hardware Android Wear. Alasannya, smartwatch Asus tersebut memiliki penampilan lebih baik dari kompetitor, tapi ditawarkan di jangkauan harga lebih murah.

 

Info menarik: Asus Rilis Teaser Smartwatch Pertama, Indikasikan Tampilan Yang Berbeda Plus Kamera Depan

 

Asus membenamkan kemampuan voice control dan interface gesture sebagai metode simpel menavigasi konten. ZenWatch dapat dipasangkan ke smartphone Android, termasuk seriZenfone, untuk memperluas kemampuan dan konektivitasnya. Ia juga bisa bekerja secara mandiri, walaupun belum ada yang bisa memastikan apakah itu artinya sang produsen membekali ZenWatch dengan konektivitas 3G seperti Samsung Gear S.

Kemudian belum ada detail lebih lanjut soal spesifikasi selain dari apa yang telah dipublikasikan sebelumnya. ZenWatch menyajikan layar AMOLED melengkung berbentuk persegi tanpa sudut serta kamera di bagian muka. Ada kemungkinan bagian strap dibuat dari material karet. Minggu lalu, Asus lagi-lagi merilis teaser, kali ini dalam bentuk video, untuk memberikan gambaran kasar penampilan ZenWatch.

ZenWatch mampu mengenali perintah suara dalam Bahasa Inggris, dan menurut Shen, ia akan mendukung bahasa lain - termasuk Mandarin - dalam update selanjutnya.

 

Info menarik: Resmi Diungkap, Smartwatch LG G Watch R Dibekali Layar Canggih Berteknologi P-OLED

 

Seperti gambar sketsa di laman Facebook, Asus kembali mengutip kata-kata Kahlil Gibran, "Time has been transformed, and we have changed." Apakah hal tersebut mengindikasikan ZenWatch mempunyai fitur 'multi-mode' atau hanya sekedar melambangkan bagaiamana fungsi alat penunjuk waktu telah meluas menjadi perangkat pintar?

Dari video teaser di atas, sekilas Asus memperlihatkan bagian body yang tersaji dalam pola brushed - bisa jadi menggunakan bahan stainless steel, atau aluminium seperti pada seri Zenfone dan produk notebook mereka.

Sebagai update soal harga, Jerry Shen menyebutkan bahwa ZenWatch ditawarkan dengan harga kurang dari US$ 199 - berkomitmen pada tema 'harga atraktif', tak jauh berbeda dari perkiraan sebelumnya yang menyebutkan kisaran antara US$ 99 hingga US$ 149.

Sang CEO dengan yakin menuturkan smartwatch baru buatan Asus itu akan tersedia pada bulan Oktober. Tapi sebuah rumor menyebutkan terdapat kemungkinan ia hanya diluncurkan untuk wilayah tertentu saja.

Via Tech Radar.