Categories

Gadget

ASUS Luncurkan Dua Zenbook UX331 Baru, Salah Satunya Tahan Diinjak!

Dilengkapi juga dengan spesifikasi, yang di atas kertas, cukup mumpuni

Dimas Galih W. - 26 July 2018

Tampilan dan spesifikasi ultrabook kerap mencuri perhatian konsumen di Indonesia. Selain memiliki bobot yang ringan, dimensinya yang ramping juga akan terlihat gaya. Apalagi, ultrabook selalu ditenagai oleh prosesor kelas atas.

 

Perpaduan itu ditambah oleh ASUS dengan mengeluarkan ultrabook baru yang bernama UX331, yang memiliki dua varian. ASUS pun mengundang para wartawan dalam acara peluncuran yang diadakan pada Eastern Opulence pada tanggal 24 Juli 2018.

ZenBook UX331UAL

Varian pertama adalah ZenBook UX331UAL yang memiliki standar militer. Laptop ini menggunakan chassis magnesium alloy sehingga membuatnya kuat. Ketebalan perangkat hanya 13,9 mm saja dengan bobot ringan, 985 gram.

Saya pun diberi kesempatan untuk menguji kekuatan dari ZenBook UX331UAL ini. Pengujian dilakukan dengan menginjak ultrabook saat dalam keadaan tertutup selama beberapa detik. Kemudian ternyata perangkat tersebut masih bisa menyala dengan normal. Mungkin laptop lain sudah hancur saat saya injak (mengingat berat badan saya yang tidak ringan).

Julianto, Country Product Manager Asus Indonesia, mengatakan bahwa laptop yang satu ini sanggup menahan beban lebih dari 100 kg. Selain itu, UX331UAL juga mampu bertahan saat jatuh pada ketinggian tiga sampai enam meter.

ZenBook UX331UAL menggunakan prosesor empat inti delapan thread Intel Kaby Lake Refresh i5-8250U berkecepatan 3,4 GHz. GPU yang digunakan merupakan Intel UHD 620 yang hemat daya. RAM yang digunakan berkapasitas 8 GB dengan SSD sebesar 256 GB. Harganya mulai dari Rp. 14.299.000.

ZenBook UX331UN dengan NVIDIA

Ultrabook kedua yang diperkenalkan adalah ZenBook UX331UN. Huruf N pada penamaan ini mengacu pada penggunaan discrete graphics NVIDIA GeForce MX150. Sama seperti UX331AL, ultrabook ini memiliki ketebalan 13,9 mm namun bobotnya lebih berat, yaitu 1,12 kg.

Berbeda pula dengan ZenBook UX331UAL, ultrabook yang satu ini tidak menggunakan bahan magnesium alloy pada bagian depannya, melainkan plastik polycarbonat dengan finishing glossy. Saat ingin mengambil gambar, Ultrabook ini sudah terhiasi dengan sidik jari para pengunjung. Tentunya ASUS harus memikirkan agar kedepannya bisa membuat desain dengan efek finishing yang sama namun dapat menangkal sidik jari.

ZenBook UX331UN memiliki dua pilihan spesifikasi. Yang pertama menggunakan prosesor Intel Core i7 8850U berkecepatan 4 GHz, RAM 16 GB, dan SSD 512 GB. Varian ini dijual dengan harga Rp. 19.299.000.

Satu lagi menggunakan prosesor Intel Core i7 8250U berkecepatan 3,4 GHz, RAM 8 GB, dan SSD 256 GB. Untuk yang satu ini, ASUS menjualnya dengan harga Rp. 16.299.000.

Kedua jenis notebook sudah menggunakan sistem operasi Windows 10 Home asli. Selain itu, ASUS juga memberikan garansi sampai dengan dua tahun untuk kedua laptopini.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter