14 August 2014

by Yoga Wisesa

Asus Resmi Umumkan Ketersediaan Fonepad 7 di Indonesia, Ini Dia Fitur-Fiturnya

Asus menggunakan metode berbeda dalam mengenalkan tablet tujuh-inci teranyar yang diusung dengan nama Asus Fonepad 7. Tablet berseri FE170CG tersebut sebenarnya sudah diperkenalkan di pasar semenjak kurang lebih dua bulan silam, tapi baru di bulan Agustus ini Asus Indonesia meresmikan kehadirannya.

Tantangan terbesar saat mengupas info tentang tablet Asus adalah mereka hadir dengan kode model berbeda, tapi dipasarkan di bawah nama branding serupa. Untuk Fonepad 7 saja, setidaknya ia memiliki tiga varian: ME372CL dengan LTE, ME175CG, dan FE170CG sebagai tipe terbaru. Sungguh menyenangkan ketika Asus akhirnya memperkenalkan fitur dan kemampuan Fonepad 7 secara lebih formal.

Sebelumnya mungkin Anda sudah membaca ulasan Asus Fonepad 7 di Trenologi. Dalam artikel ini saya akan mencoba membahas fitur-fitur dan kemampuan apa saja yang menjadi senjata andalan tablet tujuh-inci tersebut.

Dibuat dengan berpatokan pada konsep kesederhanaan fungsi dan desain elegan, Asus ZenUI di Fonepad 7 merupakan salah satu interface paling intuitif yang hadir di mobile device. Asus setidaknya telah memberikan 200 update software dibanding versi lama. Dan di dalamnya, ada beberapa kemampuan unik untuk membantu meningkatkan produktifitas pengguna.

 

Info menarik: [Review] Asus Fonepad 7

 

Asus ZenUI menghadirkan What's Next untuk Anda. Ia hadir di lock screen dan home screen serta dapat dikustomisasi secara simpel dari menu, menyajikan info tentang acara atau tugas penting selanjutnya.

Seperti di seri Zenfone, What's Next akan mengingatkan pada segala macam jadwal yang sudah dibuat - baik menyangkut pekerjaan maupun hubungan dengan orang-orang terdekat, seperti ulang tahun pasangan, hari libur, hingga meeting dengan client. Data dikumpulkan dari sosial media dan app (contohnya calendar), kemudian ZenUI menampilkannya secara informatif.

ZenUI juga memiliki fitur bernama Do It Later. Pernahkan Anda membaca judul artikel menarik di situs berita atau melalui link dari rekan di sosial media, tapi ada tugas yang harus diselesaikan lebih dulu dan khawatir melewatkannya? Di sanalah Do It Later akan sangat bermanfaat. Kemampuan tersebut juga dapat diaplikasikan sebagai pengingat dalam membalas email dari kolega, atau pesan singkat dari keluarga.

 

 

Info menarik: [Rumor] Ini Dia Info Rilis dan Harga Smartwatch Pertama Besutan Asus

 

Seperti yang telah dibahas dalam review, Fonepad 7 dipersenjatai dengan rangkaian hardware tercanggih di kelasnya. Ia memanfaatkan chipset Intel Atom Z2520 berprosesor dual-core 1,2GHz dengan teknologi HyperThreading dan GPU PowerVR SGX544MP2. Hal inilah yang membuatnya nyaman dalam mengakses aplikasi, game, menonton video HD, serta menawarkan pengalaman web-browsing mulus.

Dari sisi desain, Asus sangat bangga dengan frame (pada bagian vertikal) ramping milik Fonepad 7. Menurut Asus, rancangan tablet tujuh-inci tersebut memungkinkan pengguna mengoprasikannya hanya dengan satu tangan - sangat penting mengingat Fonepad 7 dibekali dengan kemampuan telefoni layaknya smartphone. Dan dengan lebar 11 sentimeter, belum ada lagi tablet lain yang bisa menyaingi kerampingannya.

Untuk konektivitas, ia mendukung 3G HSPA+ dengan kecepatan download hingga 42 megabit per detik, juga bisa terhubung ke seluruh jaringan GSM dan WCDMA. Asus mengklaim bahwa pengalaman berbicara via telepon akan lebih nyaman karena ia dilengkapi dengan teknologi noice-cancelling digital microphone - membantu menghilangkan gangguan suara eksternal.

Satu hal lagi: saat artikel ini ditulis, Asus Fonepad 7 masih didistribusikan dengan platform Android 4.3 Jelly Bean. Seperti Zenfone, sang produsen berjanji bawa OS dapat di-upgrade ke KitKat. Sayangnya, Asus belum memberikan tanggal pasti.

Bagi saya, hal yang membuat Asus Fonepad 7 sangat menarik adalah penawaran harganya. Untuk seluruh performa dan kelengkapan fitur di atas, Fonepad 7 dapat dimiliki hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 1,599 juta.