Categories

Gadget

Asus Rilis Dua Monitor G-Sync Baru, Pecahkan Rekor Refresh Rate Tertinggi

Glenn Kaonang - 21 October 2015

Sebagai penyaji konten visual, monitor tentu saja tak boleh disepelekan, khususnya dalam konteks gaming. Mengapa? Karena sekencang apapun kartu grafis yang PC Anda punyai, akan sia-sia ketika problem tearing muncul akibat refresh rate monitor yang tak cukup cepat untuk menampilkan konten dalam fps tinggi.

Maka dari itu, teknologi seperti Nvidia G-Sync memegang peranan vital dalam perkembangan monitor modern. Kendati demikian, teknologi semacam ini juga percuma kalau tak ada pabrikan monitor yang hendak menyematkan kompatibilitasnya. Sejauh ini sudah ada cukup banyak monitor berstandar G-Sync, tapi duo monitor gaming terbaru dari Asus ini layak mendapat sorotan lebih berkat sejumlah fiturnya.

Monitor yang pertama adalah Asus ROG Swift PG279Q. Ia dibekali oleh panel IPS beresousi 2560 x 1440 pixel, dengan sudut pandang sekitar 178 derajat. Yang bakal membuat Anda terkagum adalah refresh rate-nya yang sanggup mencapai angka 165 Hz, memastikan segala konten yang disajikan akan tampak mulus sekaligus memaksimalkan responsivitas. Sebagai bonus, terdapat sebuah tombol Turbo untuk mengganti tingkat refresh rate dengan mudah.

Yang kedua dijuluki Asus ROG PG27AQ. Panelnya sama-sama berteknologi IPS dan berukuran 27 inci, tapi bedanya, resolusinya 3840 x 2160, alias 4K. Karena mengemas panel 4K, refresh rate-nya cuma berada di angka 60 Hz saja. Asus menjelaskan bahwa monitor ini tak cuma ideal untuk gaming, tetapi juga buat mengedit foto, video atau proses kreasi konten lainnya berkat reproduksi warnanya yang sangat baik.

Info menarik: Asus Perkuat Kembali Cengkeraman RoG di Indonesia, G752 Turut Menampakkan Diri

Selain mengusung teknologi G-Sync yang kompatibel dengan sebagian besar GPU Nvidia, kedua monitor ini juga dibekali fitur GameVisual. Sederhananya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menambatkan overlay di atas game yang dijalankan – bisa tanda bidik custom, fps counter atau sekedar timer biasa.

Asus juga membekali keduanya dengan teknologi Ultra-Low Blue Light, yang dirancang agar emisi cahaya biru yang keluar bisa dipangkas semaksimal mungkin, sehingga pada akhirnya akan meminimalisir resiko mata lelah. Soal konektivitas, keduanya mencakup port DisplayPort 1.2, HDMI 1.4, dua port USB 3.0 dan jackheadphone. Sepasang speaker berdaya 2 watt turut melengkapi semisal pengguna butuh output audio standar.

Keduanya bakal tersedia sekitar bulan November mendatang. Saat ini masih belum ada detail harga dari masing-masing, tapi bisa dipastikan banderolnya tinggi jika melihat kelengkapan fitur yang dibawanya.

Sumber: Digital Trends dan Asus ROG.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter