Categories

Gadget

ASUS Umumkan Dua PC Desktop ExpertCenter, D3 Tower dan D5 SFF

Kedua PC desktop ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis UKM hingga enterprise

Lukman Azis - 9 March 2021

ASUS telah mengumumkan dua PC desktop terbarunya, ExpertCenter D3 Tower (D300TA) dan ExpertCenter D5 SFF (D500SA) yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis mulai dari UKM hingga enterprise. ExpertCenter D3 Tower merupakan PC desktop full tower, sedangkan ExpertCenter D5 SFF hadir sebagai PC desktop berukuran kecil yang lebih fleksibel namun tetap powerful yang cocok untuk kantor dengan ruang terbatas.

Salah satu keunggulan produk PC desktop ASUS ExpertCenter adalah fitur keamanannya. Baik ExpertCenter D3 Tower maupun ExpertCenter D5 SFF, mereka dilengkapi dengan beberapa lapisan keamanan seperti memiliki Kensington Security Slot dan Padlock Slot Prevent untuk mencegah pencuri mengambil DC desktop tersebut.

Dua PC desktop ExpertCenter itu juga dilengkapi dengan fitur Trusted Platform Module (TPM) yang menyimpan password dan kunci enkripsi secara lebih aman. Serta, dilengkapi fitur yang memungkinkan IT administrator untuk mengunci penggunaan port USB sehingga menjamin keamanan data bisnis yang ada di dalamnya.

ExpertCenter D3 Tower dan ExpertCenter D5 SFF juga lebih mudah untuk di-manage berkat dukungan aplikasi ASUS Business Manager dan ASUS Control Center. Aplikasi khusus tersebut memungkinkan IT administrator untuk melakukan manajemen terhadap semua unit ExpertCenter D3 Tower dan ExpertCenter D5 SFF yang digunakan oleh tim. Fitur manajemen tersebut antara lain remote management, kontrol terhadap software dan hardware, hingga task scheduling.

ASUS ExpertCenter D3 Tower (D300TA)

ExpertCenter D3 Tower menggunakan case khusus dan telah lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 801G). Durabilitasnya tidak hanya dari segi case, tetapi juga dari hardware yang diusungnya. Berbekal motherboard ASUS yang sudah menggunakan 100% solid capacitor dan teruji ketahanannya, sehingga dapat memberikan kinerja yang stabil bahkan dalam skenario penggunaan ekstrem.

Untuk menambah nilai Cost To Ownership (CTO), ASUS merancang ExpertCenter D3 Tower agar mudah di-upgrade dan diganti setiap komponennya. Di mana memiliki slot ekspansi yang beragam sehingga dapat mengikuti kebutuhan bisnis di masa depan. Secara keseluruhan ExpertCenter D3 Tower dapat menampung tiga media penyimpanan, memiliki ruang ekstra untuk kartu grafis, dan dapat dipasangi WiFi card.

Soal performa, ExpertCenter D3 Tower telah menggunakan chipset Intel H410 yang kompatibel dengan jajaran prosesor 10th Gen Intel Core dari i3-10100 hingga i7-10700. Serta, didukung dengan konfigurasi RAM DDR4 hingga 64GB dan bagi yang memerlukan performa grafis ekstra, ASUS menyediakan opsi kartu grafis hingga NVIDIA GeForce GTX 1650 dalam paket penjualannya.

ExpertCenter D3 Tower juga dilengkapi dengan port yang sangat lengkap. Selain port modern seperti HDMI dan USB Type-A, terdapat juga port VGA dan LAN di bagian panel belakangnya. Untuk memudahkan penggunanya, ASUS menyematkan beberapa port di bagian panel depannya, yaitu USB Type-A dan dua 3.5mm audio port.

ASUS ExpertCenter D5 SFF (D500SA)

ExpertCenter D5 SFF hadir sebagai PC desktop dengan desain small form-factor, yang cocok digunakan di ruang kantor terbatas. Meski memiliki bentuk yang minimalis dan hemat ruang, ExpertCenter D5 SFF tetap powerful untuk menunjang berbagai kebutuhan bisnis. Sama seperti saudaranya, case ExpertCenter D5 SFF telah mengantongi sertifikasi uji ketahanan militer AS (MIL-STD 810G) dan menggunakan motherboard ASUS.

ExpertCenter D5 SFF juga tetap menawarkan opsi upgrade dengan hassle-free upgrade, yaitu fitur yang memungkinkan pengguna ExpertCenter D5 SFF untuk mengganti SATA HDD dan SSD, serta ODD (Optical Disk Drive) tanpa menggunakan alat bantu tambahan. Fitur tersebut penting bagi pelaku bisnis di mana upgrade komponen terutama untuk media penyimpanan dan ODD lebih sering dilakukan. Pengguna ExpertCenter D5 SFF juga dapat melakukan upgrade RAM, menambahkan kartu grafis, dan WiFi card.

Performanya didukung oleh prosesor 10th Gen Intel Core, dari i3-10100 hingga i7-10700. Dengan opsi konfigurasi kartu grafis tambahan dan penggunaan SSD, ASUS juga menyediakan opsi RAM berkapasitas hingga 64GB. Soal konektivitas, ExpertCenter D5 SFF dilengkapi dengan port yang lengkap termasuk USB Type-A, DisplayPort dan HDMI, serta port legacy seperti VGA dan PS/2. Di panel depannya, ASUS menyediakan 3.5mm audio port, USB Type-A, serta opsi untuk menambahkan smart card reader dan SD card reader.

Di Indonesia ASUS menjual ExpertCenter D3 Tower (D300TA) dengan harga mulai Rp8.499.000 dan Rp8.699.000 untuk ExpertCenter D5 SFF (D500SA). Dalam waktu dekat, ASUS juga akan membawa ExpertCenter D5 Mini Tower (D500MA). Sesuai dengan namanya, PC desktop ini mengusung case dengan desain mini tower yang fleksibel dan memiliki nilai CTO yang baik sehingga cocok sebagai solusi komputasi untuk menjalankan bisnis.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter