16 November 2015

by Glenn Kaonang

Dibekali Layar 4K, Asus Zen AiO Pro Sangat Anggun Sekaligus Gahar

Ibarat sebuah iMac yang menjalankan OS Windows 10

Lini Asus ZenBook selama ini cukup dikenal akan desainnya yang premium, menimbulkan kesan bahwa seakan-akan laptop tersebut adalah sebuah MacBook yang menjalankan OS Windows. Kini, pandangan semacam itu lanjut beralih ke ranah PC AiO (All-in-One).

Dijuluki Asus Zen AiO Pro, perangkat ini bisa kita anggap sebagai sebuah iMac yang ditenagai oleh OS Windows 10. Desainnya tampak sangat menawan meski tidak benar-benar mendompleng iMac. Melengkapi rangka aluminium unibody-nya adalah motif yang sudah menjadi ciri khas lini ZenBook selama ini.

Menoleh ke bagian depannya, Anda akan disambut oleh layar sentuh 23,8 inci beresolusi 4K – tersedia pula varian 1080p. Layar ini didukung teknologi IPS untuk memantapkan viewing angle, plus kemampuan mereproduksi warna yang diklaim sangat akurat – sRGB mencapai angka 100 persen.

Untuk menggerakkan jutaan pixel ini, tentunya dibutuhkan spesifikasi yang cukup mumpuni. Di sini varian termahal dari Asus Zen AiO Pro ditenagai oleh prosesor Intel Core i7 generasi keenam, GPU Nvidia GeForce GTX 960M, RAM 32 GB DDR4, dan SSD 512 GB yang menancap di slot PCI-express untuk mendapat dongkrakan kecepatan sebesar 4x lipat dari biasanya.

Pemilihan komponen seperti di atas ini jelas membuka potensi Asus Zen AiO Pro sebagai perangkat gaming. Meski masih ada perangkat lain yang jauh lebih ideal, paling tidak AiO Pro bisa menjalankan game seperti Counter-Strike: Global Offensive maupun League of Legends dalam resolusi 4K. Game yang super-berat seperti Grand Theft Auto V pun diyakini masih bisa berjalan mulus dalam resolusi 1080p.

Pengalaman gaming juga akan kian sempurna dengan hadirnya 6 buah speaker berkonfigurasi stereo. Daya yang dihasilkan secara total mencapai 16 watt, sehingga bass yang dihasilkan tidak kalah dari speaker terpisah.

Soal konektivitas, Asus Zen AiO Pro tidak segan mengemas sederet port sekaligus. Di antaranya ada 2 x HDMI-out, 1x USB 2.0, 4x USB 3.0, dan tentu saja, sebuah port USB-C untuk memenuhi standar terbaru. Di saat yang sama, perangkat ini juga ditenagai oleh webcam berteknologi Intel RealSense, yang berarti ia bisa mengaktifkan fitur Windows Hello, dimana Anda bisa masuk ke Windows hanya dengan menatap layar PC saja.

Cantik luar-dalam, Asus Zen AiO Pro tentu saja dibanderol tidak murah. Varian terendahnya yang mengemas layar 1080p non-sentuh akan dipasarkan mulai $999, sedangkan yang tertinggi mencapai angka $1.899. Asus bahkan telah menyiapkan artikel khusus untuk memandu konsumen dalam memilih konfigurasi Asus Zen AiO Pro yang tepat buat masing-masing.

Sumber: Asus.