Categories

Gadget

Asus ZenBook S Generasi Terbaru Usung Layar dengan Aspect Ratio 3:2

Akurasi warnanya juga top, cocok buat kalangan kreator konten

Glenn Kaonang - 2 September 2020

Asus punya laptop baru yang cukup menarik, terutama bagi Anda yang lebih memprioritaskan portabilitas ketimbang faktor lainnya. Namanya Asus ZenBook S (UX393), dan seperti yang bisa kita lihat, bodinya kelihatan sangat tipis.

Persisnya, tebal ZenBook S cuma 15,7 mm, dan bobotnya berada di kisaran 1,35 kg. Rangkanya dibuat dari bahan magnesium dengan rancangan unibody, dan secara keseluruhan kesan premiumnya bisa langsung tergambarkan dengan baik walaupun belum melihatnya secara langsung.

Asus ZenBook S (UX393)

Satu hal yang cukup unik dari ZenBook S adalah layar sentuhnya. Bisa kita lihat bahwa wujudnya tidak selebar biasanya, sebab Asus memang menyematkan panel dengan aspect ratio 3:2 ketimbang 16:9. Panel tipe IPS ini punya bentang diagonal 13,9 inci, dan resolusinya tercatat di angka 3300 x 2200 pixel.

Layarnya boleh dibilang lulus uji standar kelayakan di kalangan kreator konten, sebab ada validasi dari Pantone yang menjamin keakuratan warna yang dihasilkannya. Secara teknis, layarnya mampu meng-cover 100% spektrum warna DCI-P3, atau 133% sRGB. Tingkat kecerahan maksimumnya pun cukup lumayan di angka 500 nit.

Cukup disayangkan ZenBook S belum mengemas prosesor Intel generasi ke-11 (Tiger Lake) yang diyakini menawarkan lonjakan kinerja grafis yang cukup drastis. Meski begitu, performanya tetap tergolong unggul berkat pemakaian prosesor Intel Core i7-1065G7, RAM 16 GB, dan SSD tipe PCIe dengan kapasitas 1 TB pada konfigurasi termahalnya.

Asus ZenBook S (UX393)

Biarpun tipis, ZenBook S rupanya mengusung baterai berkapasitas cukup besar, 67 Wh lebih tepatnya. Paket penjualannya turut menyertakan charger 65 W, yang disebut mampu mengisi dari 0 – 60% dalam waktu 49 menit saja. Alternatifnya, pengguna juga bisa memakai charger USB-C lain, meski kecepatan pengisiannya jelas akan berbeda.

Yang agak lucu adalah, ZenBook S dilengkapi dua port USB-C/Thunderbolt 3, satu port USB-A, satu port HDMI, dan slot microSD, namun entah kenapa alasannya headphone jack 3,5 mm malah harus absen. Guna menebus dosa, ZenBook S hadir bersama adaptor USB-C ke jack 3,5 mm. Perangkat ini sekarang sudah dipasarkan di Amerika Serikat dengan harga mulai $1.700.

Sumber: Laptop Mag.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter