Categories

Gadget

Atomos Connect Adalah Capture Card USB dengan Harga yang Cukup Bersaing

Asalkan tidak butuh output dalam resolusi 4K

Glenn Kaonang - 29 September 2020

Capture card USB macam Elgato Cam Link sepintas mungkin cuma terdengar relevan buat kalangan streamer saja. Namun pandemi COVID-19 berhasil memaksa sebagian besar dari kita untuk rutin berada di depan kamera sebagai pengganti sesi tatap muka.

Imbasnya, capture card jadi relevan untuk hampir semua orang di masa-masa seperti sekarang. Belakangan memang satu demi satu pabrikan kamera merilis software untuk mengubah kamera bikinannya menjadi webcam, tapi kenyataannya masih banyak model yang tidak didukung oleh solusi berbasis perangkat lunak tersebut.

Jadi buat yang ingin memakai kamera mirrorless sebagai webcam, tapi model kameranya tidak kompatibel dengan software dari masing-masing merek, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli capture card. Kebetulan ada opsi baru yang cukup menarik bernama Atomos Connect.

Sama seperti Elgato Cam Link maupun capture card USB lain, perangkat ini sepintas kelihatan mirip seperti sebuah flash disk. Tebalnya cuma 13 mm, dan bobotnya tidak lebih dari 22 gram. Salah satu ujungnya memiliki konektor USB, lalu di ujung sebaliknya ada colokan HDMI. Sambungkan kamera menggunakan kabel HDMI ke colokan tersebut, maka video dari kamera bisa langsung diteruskan ke PC atau laptop.

Connect bisa menerima input video dari kamera dengan resolusi 4K 30 fps, akan tetapi output yang diteruskan ke PC hanya terbatas di resolusi 1080p 60 fps. Tidak terlalu masalah menurut saya, apalagi kalau memang hanya digunakan untuk video conference.

Sebagai perbandingan, Elgato Cam Link mampu menghasilkan output dalam resolusi maksimum 4K 30 fps, tapi harganya memang lebih mahal di angka $130. Atomos Connect di sisi lain bisa didapat dengan harga yang jauh lebih terjangkau: $79. Buat seorang streamer, selisih harganya tentu bisa dialokasikan untuk perangkat lain seperti lighting atau sebagai tambahan dana untuk membeli mikrofon baru.

Alternatifnya, Atomos Connect juga dapat menjadi pelengkap yang ideal buat deretan external recorder besutan Atomos, macam Shogun 7 misalnya. Kombinasi Atomos Connect dan Shogun 7 pastinya bakal sangat memudahkan kepentingan siaran langsung menggunakan setup multi-kamera di tangan kru produksi profesional.

Sumber: DPReview.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter