Categories

Otomotif

Audi E-Tron Quattro Concept, SUV Elektrik dengan Panel Surya Sebagai Atapnya

Glenn Kaonang - 15 September 2015

5 tahun yang lalu mungkin tidak ada yang menyangka kalau perusahaan asal Silicon Valley bisa menjadi ‘incaran’ industri otomotif. Kini pabrikan-pabrikan mobil ternama saling berlomba mencari cara untuk ‘mempecundangi’ Tesla. Salah satunya adalah Audi.

6 bulan yang lalu, pabrikan berlambang empat cincin ini sempat memamerkan supercar elektriknya, Audi R8 E-Tron. Audi mengembangkan teknologi E-Tron ini dengan fokus pada efisiensi. Hasilnya pun tidak mengecewakan, Audi R8 E-Tron bisa melampaui efisiensi daya Tesla Model S.

Kini Audi kembali ‘menyerang’ Tesla lewat sebuah mobil konsep. Dinamai Audi E-Tron Quattro Concept, mobil berjenis SUV ini melihat Tesla Model X – yang akan menjalani debutnya dalam waktu dekat – sebagai kiblat kompetisinya. Karena mengusung nama E-Tron, ia pun menggunakan energi listrik murni sebagai tenaga pendorongnya.

Info menarik: Sportscar Elektrik Futuristis Porsche Mission E Diramu Buat ‘Menumbangkan’ Tesla

Sepintas E-Tron Quattro tampak seperti Audi Q7 atau Prologue Allroad, namun dengan lekukan-lekukan yang terkesan lebih futuristis. Di dalamnya tersimpan tiga motor elektrik – satu di depan, dan dua di belakang. Dikombinasikan, output dayanya mencapai angka 429 tenaga kuda, dan akselerasi dari 0-100 km/jam pun bisa ditempuh dalam waktu 4,6 detik saja.

audi-e-tron-quattro-concept-04

Namun performa ganas saja tidak cukup menggambarkan kebanggaan Audi terhadap teknologi E-Tron besutannya. Baterai 95 kWh yang tertanam di mobil konsep ini sanggup membawanya melaju hingga 500 kilometer. Yang lebih menarik, Audi turut menyematkan fitur wireless charging yang disertai sistem pemandu parkir agar pengemudi bisa menyejajarkan mobilnya dengan pelat charger.

Terakhir dan yang tak kalah unik, seluruh atapnya merupakan panel surya. Yup, mobil ini dapat mengisi ulang baterainya sendiri ketika Anda ajak berkelana di bawah siraman sinar matahari.

audi-e-tron-quattro-concept-03

Sayangnya informasi soal mobil ini baru sampai di situ saja. Audi belum memaparkan detail yang lebih lengkap, seperti misalnya teknologi canggih apa saja yang disematkan ke kabinnya. Namun yang sudah bisa dipastikan, awal 2018 adalah waktu dimana Audi E-Tron Quattro akan berubah dari konsep menjadi suatu kenyataan.

Sumber: Audi dan Jalopnik.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter