Categories

Gadget

Aurora, Headband Canggih ‘Pengontrol’ Mimpi

Yoga Wisesa - 31 December 2013

Hal yang kurang menyenangkan dari mimpi adalah ia tidak bisa dikontrol. Anda hampir tidak dapat menentukan tema mimpi nanti malam, serta kapan ia dimulai dan berakhir: saat mimpi Anda mencapai klimaksnya, kemudian Anda terbangun tiba-tiba – betapa menyebalkan jika hal itu terjadi.

Menanggapi hal tersebut, sebuah tim bernama iWinks LLC memulai pengembangan device headband cerdas dengan menyajikan kombinasi cahaya dan suara yang membantu Anda untuk mendapatkan mimpi yang jernih. Mereka menamai alat ini Aurora. Jadi apa yang Aurora bisa lakukan untuk Anda?

Berbeda dengan aplikasi Shadow yang membuat Anda ingat mimpi tadi malam, Aurora dirancang agar penggunanya bisa merencanakan apa yang ingin mereka impikan. Teknologi yang ditanamkan ke dalam perangkat ini cukup kompleks, iWinks LLC menemukan sebuah metode inovatif untuk mengukur gelombang otak, pergerakan mata dan juga memantau pergerakan tubuh.

 

Info menarik: Aplikasi ‘Perekam’ Mimpi Untuk Device Handheld Anda

 

Salah satu hal yang menjadi target para pengembang Aurora adalah mengoptimalkan kemampuan lucid dreaming manusia. Dalam mimpi jenis ini, Anda benar-benar merasa bahwa apa yang Anda sedang alami itu nyata: bertarung melawan naga, menjadi pilot pesawat perang ruang angkasa, menjadi kaisar antar-galaksi, bahkan tema-tema mimpi yang mungkin lebih, ehem, ‘personal’.

Perangkat ini dirancang dengan bentuk headband yang mengintegrasi cahaya-cahaya dan suara khusus saat pengguna masuk dalam tahap rapid eye movement dalam tidurnya. Ia akan membantu Anda sadar bahwa Anda sedang bermimpi saat terlelap, dan dari sini Anda dapat mengambil kendali mimpi tersebut.

Tentu apa yang disebut dengan ‘lucid dreams‘ ini bukan hanya ditujukan untuk hiburan saja, menurut tim developer, ia juga bermanfaat untuk hidup sehari-hari Anda. Berdasarkan studi para ahli, orang-orang yang sering merasakan ‘mimpi nyata’ ini lebih sedikit mengalami mimpi buruk. Mereka juga memiliki level stres dan kegelisahan yang lebih rendah dibanding orang lain.

Contoh lain mengapa Aurora dapat membantu hidup adalah dengan tercapainya lucid dream, mengingat presentasi pekerjaan hingga berkonsentrasi dalam pertandingan olah raga menjadi jauh lebih mudah. Bukan itu saja, Anda akan lebih percaya diri dalam membuat pilihan dalam hidup.

 

Info menarik: Titan Arms, Lengan Eksoskeleton Yang Bisa Mengubah Anda Menjadi Pahlawan Super

 

Argumen iWinks LLC tidak berhenti sampai di sini. Kita menghabiskan kurang lebih sepertiga hidup dengan tidur (menurut para dokter, delapan jam sehari adalah waktu tidur sehat – dan ada 24 jam sehari), mengapa tidak mengoptimalkan seluruh waktu kita dalam satu hari. Para talenta legendaris seperti Albert Einstein, Nikola Tesla, sang penulis Stephen King hingga Salvador Dali mengambil inspirasi dari mimpi mereka.

Selain perangkat headband, Aurora juga akan dilengkapi dengan aplikasi untuk perangkat pintar Anda. Dalam kampanye mereka di Kickstarter, para pengembangnya berhasil mengumpulkan dana yang mereka butuhkan. Proyek Aurora akan mendapatkan seluruh manfaat dana kampanye ini tanggal 21 Januari dimana mereka memasuki masa produksi.

Via Kickstarter. Sumber gambar header: Transients.info.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter