1. Startup

Automattic Perkenalkan WordAds untuk Pengguna WordPress.com

Sudah bukan rahasia lagi bahwa WordPress.com "terlarang" untuk penampilan iklan, termasuk di dalamnya Google Adsense yang populer. Saya pribadi mengerti alasan di balik itu. Coba cek berbagai situs blogspot yang penuh dengan iklan Google Adsense, kebanyakan tidak indah dan tidak enak dipandang mata. Selain itu seringkali iklan Adsense yang muncul tidak relevan dengan konteks yang diangkat oleh blog itu sendiri.

Automattic sebagai pemilik WordPress berusaha menjadi penengah untuk permasalahan ini. Bekerja sama dengan Federated Media, WordPress.com akan memiliki opsi untuk memasang iklan -- diberi nama WordAds. Opsional, artinya blogger yang memiliki situs di WordPress.com diberi kebebasan untuk memasangnya atau tidak. Federated Media sendiri termasuk veteran di bisnis iklan premium dan fokus untuk banner ads, bukan text-based ads.

Langkah tentu saja tidak mengejutkan WordPress.com memiliki basis yang luar biasa besar dan bakal sayang bagi Automattic untuk melepaskan kue iklan ini ke pihak lain -- dalam hal ini Google. Tercatat setiap harinya terdapat 50 ribu blog baru di platform WordPress.com.

Yang bisa mendaftar untuk menggunakan WordAds adalah pengguna custom domain WordPress.com (tidak cuma sekedar subdomain WordPress.com, tapi harus menggunakan domain sendiri) yang akan dipilih berdasarkan traffic, engagement, isi konten, dan bahasa yang digunakan. Prediksi saya sih awalnya WordAds baru akan tersedia untuk konten berbahasa Inggris dengan traffic setidaknya 500 ribu pageviews per bulan (atau bahkan lebih).

Nampak sebagai jumlah pageviews yang sangat besar? Ingat bahwa Federated Media adalah penyedia iklan premium di mana pemasang iklan membayar mahal untuk mendapatkan hasil yang efektif di blog-blog ber-traffic tinggi. Konten berbahasa Inggris adalah hal yang pasti karena sementara ini Federated Media hanya memiliki klien di USA.

Jika mengacu kepada ketentuan yang dimiliki oleh Federated Media, mereka saat ini memiliki empat kategori besar, Living, Business, Technology, dan Real-Time Web. Jumlah pageviews secara total dari masing-masing kategori sangat besar, yang terendah adalah Business yang memiliki "hanya" 54 juta pageviews tiap bulannya. Iklan yang ditampilkan akan bersifat targeted dan jumlah iklan yang bisa ditampilkan di setiap halaman akan terbatas.

Saat ini WordAds belum resmi tersedia, tapi untuk Anda yang merasa sudah memenuhi syarat tersebut, silakan menuju halaman pendaftaran berikut untuk menjadi yang pertama mengetahui saat WordAds resmi diluncurkan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again