Semenjak kehadiran perangkat smartphone, tak disangkal banyak sekali aktivitas sehari-hari yang dapat terbantu dengan aplikasi mobile yang kian menarik, termasuk dengan keperluan beribadah. Sebagai muslim, membaca kitab suci Al-Qur’an menjadi salah satu ibadah yang wajib dilakukan dan tentu hal tersebut kini juga dapat dilakukan lewat sebuah perangkat ponsel. Melengkapi banyak aplikasi khusus ibadah umat muslim, baru-baru ini Quranesia hadir menawarkan Al-Qur’an digital yang dapat membantu pengguna dalam membaca dan memahami kitab Al-Qur’an.

Dikembangkan oleh developer iOS lokal kawakan, Dian “Didats” Agus Triadi, Quranesia seakan mencoba “memindahkan” seisi kitab suci Al-Qur’an secara utuh. Tak hanya lengkap dengan kumpulan surat-surat, Quranesia juga melengkapi terjemahan lengkap dari seluruh ayat-ayat suci yang ditampilkan. Tampilan aplikasinya yang disesuaikan dengan iOS 7, membuat aplikasi Quranesia terasa nyaman untuk dipergunakan.

Dalam fungsi membaca Al-Qur’an, aplikasi Quranesia juga menyediakan fitur-fitur tambahan yang selain mampu meningkatkan pengalaman pengguna, fitur yang disediakan juga mampu membantu pengguna dalam memahami ilmu baca dan hafalan Al-Qur’an. Hal itu dihadirkannya lewat fitur seperti Markah Bacaan dan Daftar Hafalan. Layaknya pita penanda buku, fitur Markah Bacaan difungsikan sebagai penanda bagian akhir bacaan, sehingga dalam fitur ini pengguna bisa mengakses cepat ayat-ayat Al-Qur’an yang ingin dibaca kembali tanpa harus mencarinya kembali satu per satu.

Fitur Daftar Hafalan juga dihadirkan sebagai fitur yang membantu pengguna dalam menghafal surat-surat di Al-Qur’an. Dalam fitur ini, pengguna difasilitasi fitur putar audio dari ayat yang dipilih untuk dihafal. Dalam menggunakan fitur putar audio, Quranesia memanfaatkan unduhan file audio dari situs Everyayah.com untuk dimasukkan ke dalam aplikasi sehingga ayat yang dibutuhkan dapat diputar.

Secara keseluruhan, aplikasi Quranesia belum menawarkan kegunaan serta fungsi yang baru dari sebuah aplikasi pembaca Al-Qur’an. Banyak dari fitur-fitur yang ditawarkan terdapat pada aplikasi lain yang serupa, baik itu yang berasal dari pengembang asing maupun lokal. Seperti yang sudah disampaikan di awal, kehadiran Quranesia bisa dikatakan hanya sekedar melengkapkan aplikasi-aplikasi serupa yang banyak beredar di iOS maupun sistem operasi lainnya.

Dalam pengembangannya, ada baiknya Quranesia menambahkan fitur lain yang mampu lebih meningkatkan pengalaman pengguna dalam membaca Al-Qur’an di perangkat ponsel. Seperti misalnya informasi tanda baca (tajwid), tafsir terjemahan, serta pengklasifikasian surat-surat pendek (juz amma) yang bisa dimanfaatkan pengguna dalam mencari surat-surat pendek.

Didats memberi penjelasan lebih jauh mengenai aplikasi Quranesia ini di blognya, termasuk menjawab pertanyaan mengenai versi Android dan rencana pengembangan lebih jauh yang akan dilakukannya.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.