Categories

Feature

Pentingnya Data dalam Transformasi Bisnis Digital

Pentingnya menjaga keamanan dan keutuhan data dalam bisnis perusahaan

Ilham Sanjaya - 11 May 2020

Dalam era digital ini, hampir semua dokumen dapat disimpan dalam bentuk data digital untuk melakukan penghematan operasional dan akses data yang lebih mudah. Selain itu, penyimpanan data secara digital juga dapat mengoptimalkan analisis data secara berkala untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya. Akan tetapi, semakin berkembangnya sebuah usaha, data yang terkumpul dan perlu disimpan pun juga semakin banyak. Sehingga, aktivitas backup atau pencadangan data pun semakin penting untuk dilakukan. Sebagai sebuah perusahaan, rusaknya data yang telah dikumpulkan dengan susah payah dalam jangka waktu yang lama tentu menjadi mimpi buruk yang menyakitkan. Oleh karena itu, disiplin dalam melakukan backup data secara berkala harus menjadi perhatian pelaku usaha.

Solusi Backup Data Otomatis dari Synology

Dengan banyaknya jumlah data dan ukuran data yang semakin besar, maka setiap aktivitas backup pun membutuhkan perhatian khusus. Apabila backup dilakukan secara manual secara berkala, maka dibutuhkan seorang staf khusus yang bertugas melakukan hal ini (biasanya System Administrator/Sysadmin). Namun dalam transformasi bisnis digital, otomatisasi adalah salah satu hal yang penting untuk membuat kinerja perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Saat ini di pasaran tersedia berbagai vendor untuk backup. Namun, biaya yang dikeluarkan cukup besar karena mereka menarik biaya untuk setiap CPU socket/ VM host (system) atau untuk license fee. Salah satu solusi yang lebih hemat biaya untuk backup data otomatis adalah Active Backup for Business (ABB) dari Synology. Layanan ini merupakan solusi software yang terintegrasi dengan produk hardware berupa NAS (Network Attached Storage) yang juga ditawarkan oleh Synology, sehingga IT admin tidak perlu menggunakan banyak software untuk mengelola backup data.

Banyak keuntungan yang ditawarkan oleh Synology dengan penggunaan ABB bagi perusahaan, baik yang berskala kecil dan mikro, hingga perusahaan besar. Dengan lisensi gratis dan tanpa subscription fee, biaya yang dikeluarkan hanya untuk hardware saja. Fitur-fitur yang tersedia lewat berbagai penggunaan teknologi dalam Active Backup for Business juga menjadikan layanan ini sangat menguntungkan untuk pengguna. Berikut kami hadirkan beberapa keunggulan penggunaan ABB dari Synology.

1. Menghemat Ruang Penyimpanan dengan Global Deduplication

help_03

Bila perusahaan Anda memproses data yang banyak dan berukuran sangat besar, fitur ini dapat sangat bermanfaat karena memungkinkan Anda untuk memperkecil ukuran data yang disimpan pada perangkat penyimpanan. Fitur ini sangat bermanfaat untuk menghemat kapasitas data karena apabila ada blok data yang identik, sistem secara pintar hanya akan menyimpan satu blok data saja. Fitur ini berjalan secara otomatis sehingga Anda dapat dengan mudah membackup semua perangkat tanpa perlu pusing akan file yang identik.

2. Instant Restore to Synology Virtual Machine Manager

screenshot-mk2demo.synology.me-5101-2020-03-06-15-08-59-542

Integrasi antara Active Backup for Business dengan Synology Virtual Machine Manager (VMM) merupakan salah satu solusi bagi pengguna dalam pemulihan bencana (disaster recovery) ketika mengalami kehilangan/kerusakan data akibat berbagai hal. Bukan hanya dokumen, sistem juga dapat memulihkan data aplikasi yang dicadangkan sebelumnya secara instan dalam waktu singkat.

3. Menghemat Waktu Backup dengan CBT Incremental Backup

help_01

Pemanfaatan teknologi CBT (Change Block Tracking) sangat bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan backup dengan cepat dan tanpa memakan storage terlalu banyak. Cara kerjanya adalah dengan tidak melakukan pencadangan keseluruhan data ketika pengguna melakukan backup secara berkala. Sistem secara pintar akan menganalisis mencari blok data yang identik antara data yang dicadangkan dengan blok data yang sebelumnya sudah ada di dalam perangkat penyimpanan. Sehingga sistem hanya akan menambahkan data tambahan saja, tanpa harus menimpa data lama dengan data baru yang identik.

4. Centralized Management Dashboard

screenshot-mk2demo.synology.me-5101-2020-03-06-15-30-55-641

Untuk melakukan pengelolaan data lebih mudah, Active Backup for Business juga dilengkapi dengan dashboard untuk memantau aktivitas backup yang dapat diakses lintas platform dan perangkat. Fitur ini sangat bermanfaat bagi perusahaan yang menjalankan operasionalnya di berbagai wilayah berbeda, namun dengan pengelolaan data yang terpusat. Fitur ini juga memudahkan tim IT perusahaan Anda untuk secara cepat mengetahui sumber suatu problem agar dapat diatasi dengan lebih cepat.

Layanan Active Backup for Business telah digunakan oleh perusahaan besar untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi perusahaannya dengan beberapa produk yang direkomendasikan seperti RS1219+ (8 bay), RS2818RP+ (12 bay), atau SA3400 (16 bay).

1589176488439

Produk-produk ini juga didukung dengan prosesor Intel serta memiliki kapasitas maksimum mulai dari 192 TB hingga 1536 TB. Masing-masing produk tersebut pun juga memiliki keunggulannya masing-masing sehingga dapat memenuhi berbagai jenis kebutuhan perusahaan. Berikut tabel perbandingan spesifikasi masing-masing produk unggulan tersebut:

RS1219+RS2818RP+SA3400
Drive Bays81612
Maximum Drive Bays with Expansion Unit122896 (RX1217sas) / 180 (RX2417sas)

CPU

Intel Atom C2538

Quad Core 2.4 GHz

Intel Atom C3538

Quad Core 2.1 GHz

Intel Xeon D-1541

8-Core 2.1 (base) / 2.7 (turbo) GHz

System Memory2 GB DDR34 GB DDR416 FB DDR4 ECC RDIMM
Memory Expandable up to16 GB (8 GB x 2)64 GB (16 GB x 4)128 GB (32 GB x 4)
Warranty3-year, extendable to 5-year5-year

Manfaat layanan ini dirasakan oleh SHISEIDO Taiwan, sebuah perusahaan perawatan pribadi multinasional. Sejak tahun 2018, mereka mampu mempersingkat waktu proses backup secara signifikan dan mereduksi ukuran data mereka yang tadinya sebesar 58TB menjadi hanya 28TB saja, sehingga penggunaan kapasitas server pun menjadi lebih efisien.

Layanan ini juga digunakan oleh UNESCO, salah satu badan khusus PBB yang bergerak dalam bidang pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan. Dengan menggunakan layanan ini, mereka dapat melakukan backup secara terpusat dari 50 PC dan server, serta dapat dipantau melalui dasbor yang sederhana. Di Indonesia sendiri, layanan ini juga telah digunakan oleh TEKIRO Indonesia. Melalui Active Backup for Business, mereka mampu menghemat sekitar 60% total storage dan ratusan juta biaya license fee.

logo tekiro

Data merupakan hal yang sangat berharga. Sebab, data merupakan inti dari bisnis yang telah bertransformasi secara digital. Keamanan dan keutuhan data menjadi sangat penting dan perlu menjadi perhatian khusus bagi pelaku bisnis secara umum. Maka, solusi backup data otomatis juga perlu menjadi pertimbangan agar kegiatan perusahaan dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Apabila Anda membutuhkan rekomendasi atau pertanyaan lebih lanjut mengenai produk Synology, silahkan langsung mengisi form melalui link berikut ini.

Disclosure: Artikel ini adalah konten bersponsor yang didukung oleh Synology

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter