Feature

Bagaimana Analisis Data Membantu Bisnis Skala Menengah

Mulai dari memahami pengguna sampai dengan membantu mengoptimalkan pemasaran

Data di era digital seperti saat ini bukan hanya menjadi aset penting bisnis untuk perusahaan kelas atas saja. Bisnis rintisan, pemula dan bisnis-bisnis kelas menengah juga seharusnya juga dapat memaksimalkan peranan data untuk mengakselerasi bisnisnya. Terlebih data publik, seperti yang ada di media sosial dan layanan-layanan sejenis. Dengan cara dan metode yang tepat, data bisa menjadi salah satu alat bantu untuk penentuan berbagai kebijakan atau langkah bisins yang strategis.

Strategi terhadap data adalah poin penting bagi bisnis kecil dan menengah untuk dimaksimalkan. Dengan fleksibilitas data yang masih dalam level mudah diolah, harusnya sebuah insight yang disaring bisa memberikan efek lebih besar bagi bisnis ini. Hal yang paling sederhana dilakukan dengan data keseharian yang dihasilkan adalah menjadi sebuah modal untuk memahami perilaku dan kebutuhan pengguna. Selain itu data juga bisa membantu bisnis perihal prediksi-prediksi yang bisa menjadi bahan dalam mengambil keputusan.

Termasuk juga bagaimana bisnis bisa meningkatkan pengalaman pengguna dengan menyuguhkan apa yang sebenarnya pengguna inginkan dan butuhkan. Bisa dikatakan jika pengguna sudah puas dengan pengalaman yang diberikan imbas positifnya akan meningkatkan loyalitas pengguna. Tidak ada yang menjamin memang, tetapi kepuasan pelanggan adalah satu hal wajib, hal penting bagi bisnis dengan skala menengah.

Analisis dan prediksi data ini juga bisa membantu bisnis dalam mengoptimalkan rantai suplai dan produksi (jika bisnis terkait barang-barang yang membutuhkan bahan). Dengan menentukan pola pembelian dan prediksi tren yang akan datang bisnis bisa lebih bersiap, bisnis jadi lebih paham kapan harus meningkatkan produksi dan kapan harus mengurangi produksi untuk menghemat biaya operasional dan lainnya.

Tim pemasaran juga bisa sangat terbantu dengan adanya analisis data. Hal ini kaitannya dengan kampanye, misalnya di media sosial. Data bisa memberikan wawasan yang cukup untuk tim marketing tau apa yang sedang menjadi tren, di waktu kapan pengguna paling banyak aktif, dan lain sebagainya, sehingga kampanye yang dilakukan bisa tepat sasaran dan menjangkau banyak pihak karena dilakukan di waktu dan momen yang tepat.

--

Disclosure: DailySocial bekerja sama dengan Bigdata-madesimple.com untuk seri penulisan artikel tentang big data.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter