1. Startup

Bagaimana Big Data Bisa Berperan Meningkatkan Jumlah Pengguna

Perilaku pengguna bisa digunakan sebagai pertimbangan untuk kebijakan mendapatkan pengguna baru dan mempertahankan pengguna lama

Sudah banyak yang menuliskan bahwa big data merupakan salah satu teknologi yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan. Alasannya dengan wawasan yang diperoleh dari hasil analisis, pemangku kebijakan bisa mempertimbangkan banyak hal yang tentunya lebih akurat. Tentunya semua demi akselerasi bisnis yang lebih baik. Berikut adalah beberapa hal dari big data yang bisa dioptimalkan untuk meningkatkan pengguna.

Teknologi dewasa ini memberikan pilihan yang beragam untuk mengelola pengguna. Seharusnya data pengguna ini bisa dimanfaatkan untuk mencari pola. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengelompokkan pengguna berdasarkan kategori, seperti loyalitas, pengguna baru, dan kategori lainnya.

Pengelompokan ini akan mempermudah mencari permasalahan dan mungkin masukan yang diberikan. Data-data yang dihasilkan juga akan memberikan masukan yang berarti, terutama bagi tim bisnis dan pengembang. Intinya, memberikan gambaran perilaku seperti apa pengguna apa dan apa yang mereka harapkan dari produk Anda.

Data yang dihasilkan dari analisis perilaku pengguna juga tidak lepas dari optimasi marketing. Di tengah persaingan bisnis online yang kian ketat marketing yang baik bisa menjadi salah satu ujung tombak dalam mengakuisisi pengguna.

Usahakan investasikan lebih untuk marketing. Terlebih untuk startup yang masih mencari pertumbuhan pengguna yang signifikan. Analisis perilaku pengguna bisa digunakan dalam personalisasi iklan. Akan sangat efektif untuk mendapatkan pengguna jika iklan yang ditampilkan sesuai dengan ketertarikan masing-masing.

Selain meningkatkan akuisisi pengguna menjaga pengguna lama untuk tetap setia menggunakan produk Anda merupakan hal yang tak kalah penting. Dengan big data dan data-data perilaku atau kebiasaan pelanggan bisa berguna, terutama bagi customer service.

Inti dari semuanya adalah tetap menjaga pengguna dalam kondisi bahagia. Selain tetap menyuguhkan produk terbaik, kualitas customer service juga berperan sangat penting.

Dari segi teknologi, menambahkan sistem real-time untuk analisis mungkin bisa bermanfaat lebih. Dengan real-time analisis Anda bisa mendapatkan informasi lebih cepat sehingga bisa mendeteksi perubahan perilaku, keluhan, masukan dan mengambil keputusan dengan segera.

- Disclosure:DailySocial bekerja sama dengan Bigdata-madesimple.com untuk seri penulisan artikel tentang big data.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again