Konferensi Big Data Indonesia 2016 (KBI2016) akan kembali digelar. Acara tahunan yang memiliki misi meningkatkan awareness pemanfaatan data digital sebagai insight bisnis ini diselenggarakan atas inisiatif komunitas idBigData bekerja sama dengan Kemenristekdikti dan Universitas Al Azhar Indonesia. Konferensi tahun ini merupakan yang ketiga kalinya. Sebelumnya KBI telah terselenggara di Yogyakarta dan di Bandung.

Masyarakat Indonesia saat ini secara cepat bergerak menjadi bagian dari masyarakat digital dunia, dan menjadi penghasil dan pengguna data yang masif. Teknologi menyusup sampai ke sudut-sudut kehidupan masyarakat. Mulai dari kegiatan ekonomi, gaya hidup, sampai riuh rendahnya situasi sosial politik dan arah kebijakan pemerintah tidak lagi dapat lepas dari teknologi dan data.

Pemanfaatan data menjadi sebuah keharusan untuk memperoleh keunggulan kompetitif. Jumlah penduduk yang besar, wilayah yang luas dan berbagai potensi menjadi sumber data yang sekaligus memerlukan data untuk mengolahnya.

idBigData sebagai komunitas big data Indonesia adalah wadah bagi para profesional, akademisi, maupun peminat big data dari seluruh penjuru Indonesia, yang bertujuan untuk memasyarakatkan dan mendorong penguasaan teknologi big data dan pemanfaatannya untuk kemajuan bangsa Indonesia. Akhir tahun ini idBigdata kembali menggelar Konferensi Big Data Indonesia yang merupakan pagelaran big data terbesar di Indonesia. KBI2016 akan diselenggarakan pada tanggal 7-8 Desember 2016 bertempat di Auditorium BPPT, Jl M. H. Thamrin, Jakarta.

Dalam KBI2016 ini peserta akan memperoleh gambaran mengenai kesiapan Indonesia dalam teknologi big data, peluang dan kebutuhan baik dalam kerangka bisnis maupun penelitian, serta arah kebijakan dan perkembangan big data di Indonesia. Topik yang diangkat mencakup infrastruktur big data, framework pengolahan data, eksplorasi data, visualisasi, data mining, machine learning, serta implementasinya di berbagai sektor.

KBI2016 kali ini mengundang Menristekdikti Muhammad Nasir dan Menkominfo Rudiantara sebagai keynote speakers dan juga menghadirkan puluhan pakar sebagai pembicara dan narasumber yang mewakili berbagai bidang. Selain kegiatan presentasi dan diskusi, pada konferensi ini juga akan digelar pameran yang menampilkan teknologi dan inovasi terbaru dari penyedia solusi big data, dan riset-riset terkini dari berbagai universitas.

Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi laman http://kbi2016.idbigdata.com/

Disclosure: DailySocial merupakan media partner Konferensi Big Data Indonesia 2016.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.