Categories

Gadget

Bahas Kemampuan SoC MediaTek Helio P95 Pada OPPO Reno3 Pro

Fitur utama dari MediaTek Helio P95 pada OPPO Reno3 Pro adalah AI processing unit baru APU 2.0

Lukman Azis - 23 April 2020

Beberapa waktu yang lalu, OPPO mengumumkan Reno3 Pro yang dijual dengan harga Rp8.999.000 di Indonesia. Bila dibandingkan dengan Reno3 edisi standar, versi Pro-nya ini mengusung kemampuan kamera dan performa lebih baik.

Nah salah satu yang punya andil besar atas beragam fitur canggih yang ditawarkan oleh OPPO Reno3 Pro adalah penggunaan chipset terbaru dari MediaTek yakni Helio P95. Kenapa?

OPPO-Reno3-Pro-15

Selain punya CPU yang powerful, fitur utama dari SoC ini adalah peningkatan kinerja AI processing unit atau APU versi 2.0 yang membawa peningkatan 10 persen dalam kinerja benchmark dibandingkan dengan generasi sebelumnya dari MediaTek Helio Seri-P.

OPPO-Reno3-Pro-16

Kamera menjadi salah satu aspek yang menerima manfaat besar dari APU 2.0. Sebut saja, AI depth engine yang meningkatkan kualitas foto portrait (bokeh), noise-reduction (AI-NR) yang lebih efektif, menggunakan tiga prosesor gambar (ISP) untuk mendukung kamera utama 64MP, mampu melacak lima pose foto manusia, membuat avatar AR full body, 3D pose tracking, identifikasi lebih dari satu obyek dan adegan, hingga akselerasi AR/MR.

Sebagai informasi, empat unit kamera belakang Reno3 Pro terdiri dari kamera utamanya 64MP f/1.8, 8MP f/2.2 dengan lensa ultra wide 13mm yang menyuguhkan bidang pandang 119,9 derajat, 13MP f/2.4 dengan lensa telephoto 52mm, dan 2MP dengan lensa monokrom. Lewat konfigurasi ini, Reno3 Pro menyuguhkan kemampuan 2x optical zoom, 5x hybrid zoom, dan 20x digital zoom.

OPPO-Reno3-Pro-14

Secara arsitektur, CPU pada Helio P95 mirip dengan Helio P90. Terdapat delapan inti yang terdiri dari dua inti Cortex-A75 berkecepatan 2.2 GHz dan enam inti Cortex-A55 dengan kecepatan 2.0 GHz. Namun kemampuan GPU PowerVR GM9446 pada Helio P95 ini meningkat 10 persen dari pendahulunya.

OPPO-Reno3-Pro-13

Selain itu, MediaTek Helio P95 merupakan chipset seri “P” MediaTek pertama yang mendukung teknologi HyperEngine yang dirancang untuk meningkatkan performa gaming dengan mengoptimasi hardware dan software. Terutama optimasi jaringan, kualitas grafis dengan gerakan yang smooth.

Untuk performa, chipset ini mendukung kapasitas memori RAM hingga 8GB LPDDR4X dengan storage UFS 2.1. Reno3 Pro sendiri juga memiliki RAM 8GB dengan storage UFS 2.1 berkapasitas 256GB. Sedangkan soal konektivitas mendukung jaringan 4G LTE, WiFi 802.11a/b/g/n/ac, dan Bluetooth 5.0.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id