1. Lifestyle

Baidu: 270 Juta Orang di Cina Aktif Menggunakan Android, Menghabiskan 150 Menit Per Hari

Baidu baru-baru ini merilis sejumlah data terkait Android, di antaranya berupa statistik jumlah pengguna aktif smartphone Android di Cina, dan sejumlah data lain yang menunjukkan dominasi Android di negara yang memang dikenal sebagai pangsa pasar Android terbesar di dunia tersebut.

Data statistik pertama yang menarik untuk diulas adalah jumlah pengguna aktif Android kuartal ketiga 2013 di Cina yang mencapai 270 juta orang setiap harinya. Jika dibandingkan dengan kuartal kedua tahun 2013, terdapat peningkatan sebesar 13%, lebih tinggi ketimbang pertumbuhan dari kuartal pertama ke kuartal kedua di tahun yang sama sebesar 10%. Namun begitu, angka pertumbuhan 13% ini masih jauh lebih rendah jika dibandingkan pertumbuhan di kuartal ketiga tahun lalu yang mencapai 55%.

Di kuartal kedua tahun 2013, ada kecenderungan ke arah negatif, meskipun tidak signifikan, jika nanti di kuartal pertama tahun 2014 dan seterusnya menunjukkan gejala pergerakan negatif maka bisa kita mulai pertanyakan, mungkinkah ini pertanda pasar Android mulai jenuh? Simpan dulu opini Anda, kita beranjak ke data statistik berikutnya.

Menurut Baidu, pengguna Android di Cina menghabiskan 158 menit per hari di bulan Agusutus 2013, menurun sedikit di bulan September menjadi 150 menit per hari namun jauh lebih tinggi jika dibandingkan kuartal ketiga di tahun 2012. Pertumbuhan per tahun mencapai 17% atau lebih lama 26 menit.

Pengguna Android di Cina memanfaatkan WiFi sebagai jaringan internet mereka, hal ini dikarenakan orang-orang Cina cenderung mengakses situs yang membutuhkan kecepatan data yang tinggi. Sebanyak 46% WiFi dipilih sebagai jaringan internet, sementara 3G hanya 23% dan 2G justru lebih baik di angka 31%.

Sementara terkait aplikasi Android, di kuartal ketiga 2013 ini rata-rata pengguna Android di Cina mengunduh 10,5 aplikasi per bulan, angka ini lebih tinggi dibandingkan tahun lalu yang hanya 8,2 aplikasi. 15% pengguna di sana menginstal sedikitnya 1 aplikasi baru per hari, naik dari tahun lalu yang hanya 11%.

Dengan reputasinya sebagai pasar terbesar Android, tak heran jika di sana sistem operasi besutan Google ini merajalela, namun entah mengapa sedikit sekali data statistik yang khusus menyasar negara tersebut. Jika kita kembalikan ke pertanyaan sebelumnya, rasanya Android masih jauh dari titik jenuh, terutama di Cina.

Sumber berita Unwiredview, Baidu dan gambar header mobile via Shutterstock.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again