Bango Bantu Indosat Implementasi Carrier Billing di Google Play

Platform pembayaran mobile Bango yang berbasis di Inggris adalah pihak ketiga yang membantu integrasi carrier billing Indosat dan Google Play. Kolaborasi ini bukanlah hal yang baru, mengingat Bango juga yang berperan dalam pengintegrasian carrier billing Indosat dengan BlackBerry World dan Windows Phone Store. Indosat menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang berhasil membangun sistem carrier billing di platform Android, baik konsumen prabayar maupun pascabayar, yang kini sudah mencakup seluruh pelanggan sejak diumumkan beberapa waktu lalu.

Dengan pertumbuhan penggunaan Android yang begitu pesat dan kepemilikan kartu kredit yang mencapai kurang dari 6% dari seluruh populasi, integrasi sistem pembayaran melalui carrier billing menjadi hal yang rasional untuk mendorong belanja aplikasi dan permainan.

CEO Bango Roy Anderson berkomentar, "Ini adalah pengumuman yang penting dan menarik untuk Bango. Kami mengaktivasi carrier billing di pasar smartphone terbesar Asia Tenggara, untuk pengguna toko aplikasi terpopuler di Indonesia. Dengan begini kami bisa menjangkau jutaan konsumen dalam satu langkah - memperlebar akses ke pengalaman pembayaran mobile ternyaman di dunia. Kerja sama Bango dan Indosat adalah hubungan strategis jangka panjang, yang mendemonstrasikan bahwa operator terdepan dapat terus memperoleh keuntungan dari pilihannya terhadap Bango sebagai satu-satunya titik integrasi untuk menjangkau berbagai jenis toko aplikasi."

Sejumlah pihak mengapresiasi langkah Indosat ini. Managing Partner Mountain SEA Ventures Andy Zain mengatakan “Kami menyambut dengan gembira akan inovasi yang dilakukan Indosat. Sebelumnya konsumen sering khawatir dengan memberikan informasi kartu kredit mereka. Saat ini dengan penggunaan pulsa untuk bertransaksi, maka pembelian konten online akan semakin lebih mudah dan aman. Hal ini juga mendukung tumbuhnya ekosistem konten digital dengan lebih pesat.”

Sementara Pemenang IWIC 2014 dan pengembang aplikasi lokal Firman Azhari berujar, “Adanya Google Carrier Billing di Indosat merupakan sebuah terobosan positif yang bisa meningkatkan gaya hidup masyarakat dalam menggunakan teknologi smartphone. Sebelumnya saya sering kali kesulitan jika ingin membeli aplikasi berbayar di Google Play Store. Mudah-mudahan ke depannya, masyarakat dan juga khususnya developer akan semakin dipermudah dalam memanfaatkan Google Play Store."

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again