1. Entrepreneur

Bank Neo Commerce Hadirkan Neo Business, Layanan Keuangan Digital UMKM

Neo Business hadir membatu UMKM dalam mengatur transaksi keuangan dan transaksi bisnis.

PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC), kini memperkenalkan layanan keuangan digital terbaru, yaitu Neo Business. Layanan ini diperuntukkan bagi pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mengatur transaksi keuangan dan transaksi bisnis sehari-hari.

Layanan Neo Business tersedia di aplikasi Neobank, dengan satu aplikasi, nasabah mendapatkan dua layanan, yaitu layanan nasabah umum dan nasabah pemilik usaha kecil dan menengah.

Berdasarkan data dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia pada Oktober 2022, UMKM mampu menyerap 97% dari total angkatan kerja dan mampu menghimpun hingga 60,4% dari total investasi di Indonesia. UMKM masih dapat berkembang lebih jauh lagi

Data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) melansir sebanyak 3,79% UMKM sudah memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya, atau 8% dari total pelaku UMKM yang ada di Indonesia, yakni 59,2 juta.

Dari data tersebut, BNC melihat peluang bahwa UMKM memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia, dan untuk dapat lebih berkembang lagi dalam memenuhi potensinya, BNC ingin turut serta berkontribusi dengan mempermudah UMKM dalam mendapatkan akses terhadap layanan keuangan dan perbankan digital yang berkualitas.

Direktur Bisnis PT Bank Neo Commerce Tbk, Aditya Windarwo (kiri)

"Mengingat pentingnya peran UMKM bagi perekonomian Indonesia, BNC sebagai bank digital terdepan memiliki tanggung jawab untuk dapat memberikan layanan perbankan yang inklusif, mudah, cepat, dan menguntungkan bagi para nasabah kami khususnya bagi yang memiliki usaha kecil dan menengah. Dengan hadirnya Neo Business, BNC berharap mereka mendapatkan kemudahan transaksi, layanan perbankan yang aman dengan dukungan teknologi yang mumpuni, bebas biaya administrasi dan transfer antar bank. Ke depannya, BNC juga akan menyediakan pinjaman (merchant loan) bagi para pemilik UMKM pengguna Neo Business sehingga dapat membantu mereka dalam mengembangkan usahanya." Ungkap Direktur Bisnis Bank Neo Commerce, Aditya Windarwo dalam keterangan resminya yang dikutip pada Rabu, 5 April 2023.

Layanan Neo Business bagi UMKM dapat digunakan untuk memisahkan keuangan pribadi dan bisnis, menerima, dan mengelola pembayaran hasil usaha platform e-commerce, food delivery, atau platform digital lainnya. Layanan ini juga dilengkapi dengan fitur pembukuan dan analisa bisnis. 

Selain itu, layanan Neo Business juga dapat mengirimkan payment collection kepada mitra bisnis atau pelanggan, serta dapat menerima pembayaran melalui QRIS yang proses transaksinya akan diterima pada hari yang sama. 

Pada fitur QRIS  layanan Neo Business, UMKM dapat mendaftarkannya secara mandiri. Pengguna dapat membuat QRIS dinamis atau statis melalui Neo Business sesuai dengan kebutuhan transaksional pengguna, serta dapat mengunduh image QRIS dan menerima settlement sameday. 

Fitur Qris Neo Business ke depannya akan dapat diintegrasikan melalui Application Programming Interface (API) kepada merchant sesuai dengankebutuhan dan preferensi mereka.

“BNC selalu berupaya untuk memberikan layanan keuangan yang inovatif dan solutif. Kami harap layanan Neo Business ini mampu menjadi solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh nasabah, khususnya bagi para pemilik UMKM dan dapat menjadi layanan yang membantu usaha mereka menjadi lebih berkembang,” tutup Aditya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again