1. Lifestyle

Banyak Gamer Tidak Pernah Menyelesaikan Game yang Mereka Miliki

"Dari data statistik, mayoritas gamer tidak menyelesaikan game yang mereka mainkan. Hanya sekitar sepertiga dari mereka yang merasa bertanggung jawab dan menamatkan permainan-permainan tersebut," ungkap Richard Rouse III yang bertanggung jawab sebagai Narrative Lead Riot Games dan Design Lead Microsoft Game Studios.

Jarang sekali kita disajikan informasi seperti ini. Richard Rouse III mengungkapkan fakta itu dalam perbincangan berjudul Death to the Three-Act Structure di Game Developers Converence 2014 di San Francisco beberapa jam lalu. Rouse III mendapatkan informasi ini berkat data statistik dari Valve berdasarkan Steam Achievements.

 

Info menarik: Inilah Penampilan Terbaru Steam Controller

 

Ini dia persentase gamer yang menyelesaikan permainan yang mereka miliki:

  • The Walking Dead: Season 1, Episode 1 - 66%
  • Mass Effect 2 - 56%
  • BioShock Infinite - 53%
  • Batman: Arkham City - 47%
  • Portal - 47%
  • Mass Effect 3 - 42%
  • The Walking Dead: Season 1, Episode 5 - 39%
  • The Elder Scrolls V: Skyrim - 32%
  • Borderlands 2 - 30%

Banyak orang berpikir bahwa biasanya gamer jarang menyelesaikan permainan berjenis open-world dan free-roaming karena berbagai alasan: mungkin mereka merasa bosan, terlalu memakan banyak waktu, mendapatkan judul game yang lebih baru lagi, atau bagi mereka, main story itu tidak penting - seperti dalam Skyrim. Saya (dan banyak orang lainnya) menghabiskan lebih dari 200 jam dan 400 file save untuk menjelajahi dunia 'digital' buatan Bethesda ini tanpa menyentuh main quest.

 

Info menarik: Alasan Mengapa Titanfall Jadi Game Terpenting Bagi Microsoft

 

Tapi uniknya adalah permainan-permainan seri dan sekuel. Kita bisa lihat contohnya pada The Walking Dead. Dalam Episode 1, 66% gamer menyelesaikan permainan ini, tapi dalam Episode 5, lebih dari 60% orang tampak kehilangan minat mereka.

Contoh kedua adalah Mass Effect 3. Tujuan kita membeli game terakhir petualangan Commander Shepard ini ialah untuk mengetahui seperti apa nasib kru SR-2 Normandy. Lalu kenapa mereka tidak menyelesaikannya?

Tebakan saya adalah karena mudah menyebarnya spoiler di internet. Awalnya konsumen mungkin tertarik, tapi karena mereka secara sengaja atau tidak sengaja mendengar bagian akhir dan twist permainan tersebut, mereka langsung kehilangan minat. Tapi kenapa Portal juga mengalami nasib yang sama? Apakah gamer modern semakin malas saat disuguhi puzzle yang menantang? Atau mereka berhenti bermain karena alasan yang berbeda?

Kira-kira dari permainan yang Anda miliki, seberapa banyak yang Anda selesaikan hingga credit roll muncul?

Via IGN.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again