1. Lifestyle

Battlefield 4: Versi PlayStation 4 Versus Xbox One

Untuk merayakan peluncuran Battlefield 4, IGN melepas sebuah video via YouTube mereka yang memperlihatkan bagaimana game shooter ini dijalankan di kedua platform game baru, Xbox One dan PlayStation 4. Mereka adalah sedikit situs yang beruntung mendapatkan console baru sebelum waktu rilis beserta game Battlefield 4 versi next-gen-nya.

Tentu saja video 'versus' ini akan mengundang debat fanboy yang tidak akan ada habisnya. Namun sedikit kontroversi memang baik untuk mendongkrak traffic web. Sebaiknya Anda simak dulu video ini sebelum memberikan komentar apa-apa.

Berdasarkan pengamatan singkat, versi Xbox One memberikan visual yang lebih cerah sehingga efek lens flare lebih terlihat. Namun PlayStation 4 menyajikan tingkat shader yang lebih dalam, sehingga tekstur lebih menonjol, begitu juga dengan detail efek debu serta asap.

Namun pada dasarnya kedua versi game ini sama, terutama dalam masalah performa dan fisik. Kedua console ini ditenagai oleh kartu grafis AMD di bawah seri yang tidak berbeda: Xbox One dipersenjatai Radeon HD 7790 dan PlayStation 4 HD 7850 - PlayStation 4 sedikit lebih kuat dibandingkan Xbox One dalam hal grafis. Mereka juga sama-sama dilengkapi dengan prosesor Jaguar delapan inti dimana memiliki kecepatan yang beda tipis.

Kedua versi ini berjalan di resolusi dan (tampaknya) frame rate yang sama pula: 1080p dengan 60fps - sejujurnya kebanyakan orang tidak bisa membedakan mana game yang berjalan di 55fps dan mana yang berjalan di 60fps dengan mata telanjang. Jadi versi mana yang sebenarnya memiliki visual terbaik?

GameSpot juga kebetulan mendapat kopi PlayStation 4 game ini. Dalam review Battlefield 4 yang ditulis Chris Watters, ia menjelaskan, "Tidak mengejutkan, versi PC masih menjadi versi dengan visual terbaik yang mampu menghadirkan pertempuran 64 pemain mengagumkan di map-map raksasa. Versi PlayStation 4 menyusul di urutan kedua dari tingkat teratas dengan visual pertempuran 64 pemain yang tidak kalah apik. Sayangnya versi Xbox One masih terkena embargo review hingga console ini dirilis dua minggu lagi".

"Apapun pilihan platform Anda, mode multiplayer Battlefield 4 sangat menyenangkan baik untuk para veteran seri ini maupun pendatang baru," Watters menyimpulkan.

Di toko retail lokal Drakuli.com, Battlefield 4 dibanderol seharga Rp 580.000 untuk versi PlayStation 3 dan Xbox 360, serta Rp 500.000 untuk versi PC-nya.

Via Kotaku. Sumber gambar header: Battlefield.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again