Categories

Berita

BBM Money Capai 60.000 Pengguna Terdaftar Dalam Tiga Bulan Pertama

Amir Karimuddin - 22 May 2013

Monitise melalui perusahaan patungannya AGIT Monitise Indonesia mengumumkan telah memiliki 60.000 pengguna terdaftar yang menggunakan BlackBerry Messenger (BBM) Money dalam tiga bulan pertama. BBM Money merupakan solusi micropayment melalui BlackBerry Messenger, berkolaborasi dengan BlackBerry dan PermataBank. Layanan ini menargetkan untuk mencapai 200.000 pengguna terdaftar hingga akhir tahun.

BBM Money diluncurkan di bulan Februari untuk menjemput peluang pembayaran melalui mobile di antara pengguna BlackBerry. Melalui produk ini, pengguna BBM dan melakukan pembayaran secara real time ke kontak BBM mereka yang juga menggunakan layanan ini. BBM Money juga bisa diutilisasi untuk membeli pulsa dan transfer uang ke akun tabungan. PermataBank termasuk 10 besar bank di Indonesia berdasarkan jumlah aset.

Direktur Retail Banking PermataBank Lauren Sulistiawati berkomentar, “Kami sangat senang dengan tingkat adopsi konsumen yang kami peroleh saat ini. Popularitas layanan ini merupakan indikasi lain bahwa mobile memiliki peranan penting dalam masa depan perbankan dan industri pembayaran di Indonesia. Kami juga sangat bersemangat dengan bagaimana BBM Money dengan cepat membuka rute baru dan langsung untuk konsumen yang baru mengenal perbankan. Kemampuan untuk berinteraksi dengan konsumen baru dan secara signifikan menurunkan biaya akuisisi konsumen merupakan keuntungan riil untuk setiap institusi keuangan.”

Direktur AGIT Monitise, Calvin Lim, mengatakan, “Kami bersemangat dengan tren adopsi dan penggunaan oleh konsumen hingga saat ini. Layanan ini akan menjadi semakin populer dengan semakin bertambahnya fungsionalitas yang akan ditambahkan dalam waktu dekat.”

Darren Sugden, CEO Monitise Asia Pacific, menyebutkan, “(Kami) sangat gembira dengan respon positif BBM Money. Sebagai layanan Mobile Money pertama yang terintegrasi dengan platform messaging, kemudian merintis pendekatan untuk mengubah layanan jejaring sosial menjadi layanan pembayaran, BBM Money membawa kenyamanan tanpa tanding untuk konsumen dan bisnis di Indonesia. Suksesnya layanan ini di salah satu pusat ekonomi dunia merupakan contoh bagi industri keuangan untuk memperoleh keuntungan dari dunia perbankan, pembayaran dan mobile yang berkembang cepat untuk memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari.

Dengan kebanyakan pengguna smartphone di Indonesia masih menggunakan versi BlackBerry terdahulu, layanan masih belum mendukung platform terbaru BlackBerry 10. Sebelumnya saya juga telah menulis BBM Money di artikel terdahulu di mana ada peluang bagi layanan ini untuk membesar menjadi layanan micropayment terbaik jika memperluas layanannya ke berbagai kehidupan sosial masyarakat. Meskipun PermataBank belum termasuk dalam tiga besar bank di Indonesia, solusi ini bisa membantu menarik perhatian pengguna BlackBerry yang melek teknologi dan membutuhkan solusi mudah melakukan transaksi micropayment dengan koleganya.

This mobile channel is brought to you by Samsung Developer Competition 2013. SDC ’13 is an app competition for Android apps that leverage Samsung’s mobile technologies. For more information please visit http://techne.dailysocial.net/sdc

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter