Categories

Interview

BBM Money PayNow Kini Coba Gandeng UKM

Mengandalkan 55 juta pengguna aktif BlackBerry Messenger di Indonesia

Yenny Yusra - 16 October 2015

Giliran Blackberry yang tampil menawarkan solusi terpadu untuk pelaku UKM di Indonesia. Setelah secara resmi diluncurkan 8 minggu yang lalu, BBM Money PayNow mencoba hadir sebagai platform pembayaran yang fleksibel menyasar kalangan pemilik usaha ritel hingga UKM di Indonesia.

Mengandalkan 55 juta pengguna BBM aktif di Indonesia, BBM secara agresif menyediakan pilihan pembayaran yang beragam untuk pelaku usaha ritel offline yang hingga kini masih kesulitan membangun sistem pembayaran secara online.

“Kami melihat kesempatan ini semakin bisa kami kembangkan dengan mulai beralihnya pelaku usaha ritel mengadopsi teknologi digital, BBM memiliki 55 juta pelanggan aktif di Indonesia yang bisa dimanfaatkan oleh penjual,” kata Senior Vice President BBM Matthew Talbot di acara MMA Forum di Jakarta (15/10).

Saat ini BBM telah memiliki channel khusus yang bisa dinikmati oleh konsumen seperti BBM Payment, BBM Shop & Virtual Goods BBM Ads Platform, hingga BBM for Business.

Dalam waktu dekat BBM juga akan meluncurkan BBM Wallet PayPal di Indonesia. Kedua fitur tersebut sebelumnya sudah diluncurkan di negara lain.

Pada dasarnya semua platform yang ditawarkan oleh BBM bisa digunakan secara global namun di Indonesia BBM memiliki tim penjualan sendiri yang menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

“Saat ini kami telah memiliki sejumlah daftar merchant, seperti Tokopedia hingga Elevenia, yang melakukan pemasaran di BBM meskipun sebagian besar dari mereka telah memiliki mekanisme pembayaran,” kata Matthew.

BBM sendiri mengklaim sudah memiliki sekitar 100 brand di Indonesia yang terdiri dari layanan e-commerce hingga perusahaan yang telah menggunakan layanan BBM Money hingga BBM Advertising.

Pembayaran fleksibel untuk semua pengguna

Salah satu kemitraan yang telah dilakukan oleh BBM adalah dengan Bank Permata, namun demikian dengan sifatnya yang fleksibel memungkinkan semua pengguna dari bank apa pun bisa menggunakan pembayaran melalui BBM Money.

“Anda masih bisa menggunakan ATM Bank Mandiri untuk memasukan uang anda ke BBM, Itu adalah konsep bisnis kami untuk konsumen di Indonesia. Kami tidak peduli dengan instrumen pembayaran yang ada saat ini apakah itu kartu kredit, nomor rekening, atau lainnya. Selama konsumen memilih jenis pembayaran yang diinginkan, semua bisa dilakukan dengan mudah dan lancar,” kata Matthew.

BBM senantiasa melakukan pendekatan dengan merchant di seluruh Indonesia untuk menggunakan platform pembayaran yang sudah tersedia. Dengan mengunduh aplikasi BBM di iOS atau Android, semua pengguna yang terdaftar sudah bisa menggunakan BBM Money.

Bermitra dengan Veritrans

Untuk melancarkan proses pembayaran melalui kartu kredit, BlackBerry menjalin kemitraan dengan Veritrans untuk membantu mengelola pembayaran transfer melalui bank. Dari data yang berhasil dikumpulkan di Indonesia, sebanyak 70% transaksi dilakukan melalui transfer ke rekening bank.

Tantangan terbesar BlackBerry saat ini adalah meyakinkan pengguna, baik penjual dan pembeli, bahwa dengan menggunakan BBM Money semua jenis pembayaran bisa diakomodasi.

“Kami hanya ingin semua orang di Indonesia menggunakan BBM Money agar bisa menjalankan bisnis karena masih banyak pelaku bisnis yang belum memiliki sistem pembayaran yang terpadu,” kata Matthew.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter